TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kirab Bendera Merah Putih, Warga Sudah Ramai di Kawasan Bandara Halim

Kirab dari Monas hingga IKN, lewat Bandara Halim

Warga menanti kirab duplikat bendera dan Teks Proklamasi di kawasan sekitar Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (IDN Times/Fadhliansyah)

Intinya Sih...

  • Istana Kepresidenan gelar kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan teks Proklamasi dari Monas ke IKN.
  • Rombongan kirab akan datang ke Bandara Halim Perdanakusuma sebelum diterbangkan ke IKN.
  • Kirab dipimpin Kasetpres dan melibatkan 180 Abang None Jakarta, 122 purna Paskibraka Provinsi DKI, serta siswa IPDN Poltek dan Pamong Praja.

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan menggelar kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan teks Proklamasi, dari Monumen Nasional (Monas) menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024).

Dari Monas, iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta akan datang ke Bandara Halim Perdanakusuma untuk selanjutnya diterbangkan ke IKN.

Berdasarkan pantauan IDN Times di kawasan sekitar Bandara Halim pada pukul 08.20 WIB, ratusan warga yang terlihat antusias menunggu datangnya rombongan kirab. Kebanyakan masyarakat yang hadir terlihat memakai pakaian dan atribut dengan nuansa merah dan putih.

Baca Juga: Ada Kirab Bendera Pusaka, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas Monas-Halim

1. Kirab dimulai di Monas

Warga menanti kirab duplikat bendera dan Teks Proklamasi di Monas. (IDN Times/Sonya Michaella)

Kirab yang dimulai di Monas sekitar pukul 08.00 WIB akan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dengan rute melewati patung kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Semanggi, terus hingga Halim PK.

"Estimasinya 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 km," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, Sabtu.

2. Akan langsung dibawa ke Istana di IKN

Warga menanti kirab duplikat bendera dan Teks Proklamasi di kawasan sekitar Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (IDN Times/Fadhliansyah)

Yusuf menerangkan, setibanya di di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera merah putih dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN. Di IKN, purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih adalah Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten.

"Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan," kata dia.

Baca Juga: Ukir Sejarah, Kirab Bendera dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya