TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jalan Usaha Tani Kementan Dorong Perluasan Pasar Pertanian Sambas 

Jadi salah satu program unggulan

Ilustrasi wisata terasering. (Dok. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Sambas, IDN Times - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) merealisasikan program Jalan Usaha Tani (JUT) untuk petani di Sambas, Kalimantan Barat. Program tersebut mendorong perluasan pasar produk budi daya pertanian petani Sambas.

Sebagaimana diketahui, Kementan merealisasikan program JUT untuk Kelompok Tani Mekar Sekuntum di Desa Seruolmoun Buluh, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas dengan panjang 509 meter lebar 3 meter.

Baca Juga: Kementan Dorong Petani Tanam Kedelai, Ini Upayanya

1. Mempermudah akses para petani

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat membuka membuka Pelatihan Petani dan Penyuluhan serta pengukuhan 2.000 Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan (DPM/DPA) di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Ciawi, Jawa Barat, Jumat (6/8/2021). (Dok. Kementan)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, Jalan Usaha Tani sendiri bertujuan untuk mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian serta meningkatkan pendapatan petani.

"Pembangunan JUT menjadi salah satu program strategis yang dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian
(PSP)," kata Mentan SYL.

2. Pengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas petani

ilustrasi petani (pexels.com/Pixabay)

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil menambahkan, prasarana dan sarana pertanian pada era pertanian modern memang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas.

Menurutnya, hal tersebut berpengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas petani.

"Untuk memenuhi persyaratan penggunaan alsintan serta pengangkutan sarana produksi dan hasil panen diperlukan fasilitas jalan, jembatan, serta kelengkapannya yang memadai," katanya.

Baca Juga: Kementan Siapkan Benih Sumber Kedelai yang Adaptif Lingkungan Tropis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya