TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begini Kerja Sama Prabowo dan Putin di Pariwisata hingga Pertahanan 

Bahas berbagai sektor strategis

Pertemuan antara Prabowo Subianto dan Vladimir Putin. (dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Moskow, IDN Times - Menteri Pertahanan RI yang juga Presiden terpilih periode 2024-2029,  Prabowo Subianto, bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, pada Rabu (31/7). Keduanya membahas kerja sama di berbagai sektor strategis negara.

Salah satunya, Prabowo menyampaikan secara langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai rencana dibukanya penerbangan langsung dari Rusia ke Bali. Rencana ini sekaligus untuk menunjang persiapan pembukaan Konsulat Jenderal (Konjen) Rusia di pulau tersebut. 

“Di bidang pariwisata kami baru saja menyetujui penerbangan langsung ke Bali, dan kami juga menyambut baik pembukaan Konsulat Jenderal Rusia di Bali,” kata Prabowo. 

1. Dorong kerja sama bidang pariwisata

Pertemuan antara Prabowo Subianto dan Vladimir Putin. (dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Meski, masih menunggu persetujuan dari Kementerian Luar Negeri perihal pembukaan kantor konjen Rusia di Bali, Pemerintah Indonesia telah siap membuka jalur penerbangan langsung dari Rusia ke Bali. Prabowo melanjutkan, hal itu diputuskan untuk menunjang beragam kerja sama antara Indonesia dan Rusia, khususnya di sektor pariwisata.

“Rencana pembukaan Konsulat Jenderal Rusia di Bali kami mendukung penuh itu, dan kami mendukung penerbangan langsung dari Rusia baik melalui Aeroflot maupun Russian Airlines,” ujarnya.

Baca Juga: Bertemu Erdogan, Prabowo Ingin Tingkatkan Kemitraan Strategis RI-Turki

2. Indonesia anggap Rusia teman baik

Pertemuan antara Prabowo Subianto dan Vladimir Putin. (dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Prabowo juga kembali mengingatkan jasa-jasa Rusia dalam pembangunan Indonesia. Menurutnya, Indonesia selalu menganggap Rusia adalah teman baik karena dukungannya terhadap berbagai pembangunan di Indonesia. 

"Karena Anda tahu kami menganggap Rusia adalah teman baik dan saya ingin terus menjaga dan menyerahkan hubungan ini dalam sejarah kita, ingatlah bahwa Rusia selalu bantu kami dan juga tentu saja jika Anda datang ke Jakarta, saat ini banyak infrastruktur besar yang dibangun oleh Rusia," kata Prabowo.

Pembangunan tersebut mencakup gedung parlemen (DPR) yang menjadi tempat kongres nasional, stadion nasional Gelora Bung Karno (GBK), Monumen Nasional (Monas) dan jembatan di beberapa wilayah di Indonesia. 

Sejak pasca-kemerdekaan, Rusia jadi salah satu negara yang konsisten membantu Indonesia. Tidak hanya membangun gedung, tapi juga menyumbangkan dana serta teknisi yang terlibat dalam berbagai pembangunan ruas jalan raya di Indonesia, seperti jalan di Palangkaraya, Kalimatan Tengah; dan proyek jalan Kalimantan (projakal) di Kalimantan Timur.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya