TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pegadaian Gelar Pelatihan UMKM untuk Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Antusiasme masyarakat Bandung cukup tinggi nih! 

Pelatihan UMKM khusus perempuan yang mengusung tema “Mompreneur! Ibu Berkarya, Ibu Berdaya” (Dok. Pegadaian)

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh pada 22  Desember, PT Pegadaian mengadakan pelatihan UMKM khusus kaum perempuan. Acara ini mengusung tema “Mompreneur! Ibu Berkarya, Ibu Berdaya” dan digelar di kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Pelatihan ini disambut antusias oleh para pengusaha perempuan. Pasalnya, mereka mendapat literasi tentang bagaimana mengembangkan ide dan inspirasi bisnis dari rumah, strategi pemasaran dan branding. Selain itu mereka juga pencatatan keuangan sederhana dan langkah-langkah mendaftarkan usaha oleh para ahli di bidangnya.  

Baca Juga: Pegadaian Raih Penghargaan BUMN Berprestasi Atas Upaya Kembangkan UMKM

1. Dihadiri lebih dari 200 pelaku UMKM

Pegadaian bersama para ibu dan pelaku UMKM Bandung (Dok. Pegadaian)

Adapun jumlah pendaftar acara ini tercatat melebihi kuota yang disediakan. Hal ini menunjukkan tinggnya minat masyarakat Bandung untuk mengikuti pelatihan ini. Sebanyak lebih dari 200 pelaku UMKM hadir dalam pelatihan Pegadaian di kota Bandung. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Yunimar Mulyana, ketua Dekranasda Bandung serta perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM kota Bandung.

“Hari Ibu menjadi momen bagi kaum perempuan untuk menjadi ibu yang berdaya (empowering mom). Dengan menambah pengetahuan dan keterampilan khususnya bagi ibu-ibu pelaku usaha. Kami berharap program ini membantu mereka untuk semakin berdaya dan berkarya dari rumah. Hal ini sesuai dengan tema hari Ibu 2022 yang dicanangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” ujar Elvi Rofiqotul Hidayah, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian.

2. Fokus dukung UMKM naik kelas

Ilustrasi produk UMKM (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sesuai dengan komitmen yang dijalankan oleh Pegadaian, perusahaan sangat concern untuk membantu para pelaku UMKM untuk dapat berkembang dan naik kelas. Komitmen tersebut diwujudkan melalui produk pembiayaan yang dapat dimanfaatkan, di antaranya seperti Gadai Emas, Gadai Elektronik, Gadai BPKB, Pinjaman Modal Produktif, dan Pegadaian sebagai agent dari Pemerintah untuk menyalurkan produk KUR syariah. 

Bahkan baru-baru ini, Pegadaian kembali memberikan layanan Gadai Peduli, yaitu gadai bebas bunga dengan maksimal dana pinjaman sebesar Rp 2,5 juta untuk membantu ekonomi bangkit kembali. 

“Di momen ini, kami juga ingin menyampaikan kepada ibu-ibu pelaku usaha bahwa tidak perlu khawatir terkait permodalan, karena para pelaku UMKM khusunya para ibu yang ingin memulai usaha dapat menghubungi Pegadaian”, pungkas Elvi.

Baca Juga: Lewat HoKi, Pegadaian-ISEI Cetak Bibit Unggul Wirausaha Muda  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya