TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Top 5: Ridwan Kamil Resmi OTW Jakarta hingga Gempa Jepang Picu Tsunami

Polisi kantongi identitas pemeran pria dalam video syur AD

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Tata Firza)

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil ditugaskan maju di Pilkada Jakarta setelah pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.
  • Gempa bumi Magnitudo 7,1 di Jepang memicu tsunami setinggi satu meter di beberapa lokasi pesisir.
  • Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengantongi identitas pemeran pria dalam video syur AD dan Presiden Jokowi akan menggelar Sidang Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jakarta, IDN Times - Hasil pertemuan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto semalam berbuah penugasan maju di Pilkada Jakarta

Selain soal penugasan Ridwan Kamil maju ke Pilkada DKI Jakarta, pembaca IDN Times sepanjang Kamis (8/8/2024) juga menyoroti artikel tentang gempa bumi Magnitudo 7,1 di Jepang yang memicu tsunami setinggi satu meter di beberapa lokasi pesisir serta beberapa artikel lainnya yang dirangkum dalam #IndonesiaHariIni.

Baca Juga: Ridwan Kamil OTW Jakarta, Jusuf Hamka Bergeser ke Jawa Barat

1. Ridwan Kamil resmi ditugaskan Golkar maju di Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil (kanan) bersama Jusuf Hamka (kiri) usai menemui Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, 8 Agustus 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto berbuah penugasan maju di Pilkada Jakarta. Penugasan tersebut diterimanya usai berkunjung ke rumah dinas Airlangga di Jalan Widya Chandra III pada Kamis (8/8/2024) malam.

"Barusan terkonfirmasi, walaupun belum resmi, kalau resmi kan di tempat yang proper, bahwa saya ditunjuk sebagai (calon) gubernur DKI Jakarta dari Partai Golkar," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu kepada media di depan rumah dinas Airlangga. 

Ia mengatakan berdasarkan kesepakatan pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), pengumuman dirinya sebagai calon gubernur akan dilakukan setelah calon wakil gubernurnya ditentukan. 

"Per hari ini calonnya masih didiskusikan. Partai-partai dari koalisi mengajukan nama-nama. Jadi, masih dibahas," kata Kang Emil.

Ia mengatakan siap untuk berhadapan dengan Anies Baswedan dan bakal calon gubernur lainnya. Berdasarkan pengalamannya dulu, di Bandung ia berhadapan dengan delapan pasang, ketika maju di Pilgub Jawa Barat, ia menghadapi empat pasang.

"Di Jakarta pun juga begitu. Kalau misalnya saya gak kepilih, saya kan bukan pengangguran. Saya orang yang bisa bermanfaat di bidang apapun," tutur dia.

Baca Juga: Gempa M 7,1 di Jepang, Ada Tsunami 1 Meter

2. Gempa bumi Magnitudo 7,1 di Jepang memicu tsunami setinggi satu meter

Ilustrasi gempa bumi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,1 melanda Jepang, tepatnya di Kyushu selatan pada Kamis sore.

Dilansir NHK, gempa ini menyebabkan munculnya tsunami setinggi satu meter di sejumlah lokasi. Peringatan tsunami juga dikeluarkan di Prefektur Miyazaki, Kochi, Oita, Kagoshima, dan Ehime.

“Warga yang tinggal di kawasan pinggir pantai diimbau untuk segera menjauh. Gelombang tsunami bisa tiba-tiba naik dan menghantam. Warga juga diimbau untuk menghindari pantai,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi.

Sementara, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah menghubungi sejumlah simpul masyarakat di prefektur-prefektur di Jepang yang diguncang gempa bumi.

“Hingga saat ini belum terdapat informasi adanya WNI yang menjadi korban,” kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha

 

Baca Juga: Memburu Sosok Pemeran Pria dalam Video Syur AD

3. Polisi kantongi identitas pemeran pria dalam video syur AD

AD usai diperiksa di Polda Metro ditemani Ayahnya, David Naif pada Rabu (7/8/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya telah mengantongi identitas pemeran pria dalam kasus video syur AD.

Direskrimsus Polda Metro, Kombes Pol Ade Safri Simanjutak mengatakan, polisi telah melakukan profiling identitas pria tersebut usai memeriksa AD.

“Pasti (sudah mengantongi identitas pria dalam video syur AD),” kata Ade kepada IDN Times, Kamis (8/8/2024).

Ade menjelaskan, Polda Metro Jaya akan memeriksa pemeran pria yang merupakan lawan main AD dalam video syur itu.

“Entar akan kita update (pemeriksaan si pria),” kata Ade.

 

Baca Juga: Jokowi Gelar Sidang Kabinet di IKN pada 12 Agustus, Istana Bersiap

4. Presiden Jokowi gelar sidang kabinet di IKN pada 12 Agustus

Istana Negara di IKN, Rabu (7/8/2024). (Umi Kalsum/IDN Times)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menggelar Sidang Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 12 Agustus 2024. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, mengatakan agenda Sidang Kabinet dijadwalkan pada pukul 09.30 WIB.

"Presiden bersama wakil presiden akan menggelar Sidang kabinet Paripurna perdana di IKN, rencana akan dilaksanakan 12 Agustus sekitar pukul 09.30," ujar Yusuf di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Saat ditanya materi apa yang akan dibahas di Sidang Kabinet, Yusuf enggan menjelaskan secara rinci.

"Kalau untuk substansi persidangan mungkin dari Pak Sekretaris Kabinet yang akan menyiapkan tema atau substansi sidang kabinet," ucap dia.

 

Baca Juga: Prabowo: Insyaallah KIM Plus Akan Diumumkan dalam Waktu Dekat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya