TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Divonis mati, Pembunuh 4 Anak Kandung di Jagakarsa Ajukan Banding

Pengacara sebut Panca punya masalah gangguan jiwa

Panca Darmansyah (kemeja putih) berdiskusi dengan kuasa hukumnya atas vonis mati dalam kasus pembunuhan empat anak kandung di PN Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024). (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Intinya Sih...

  • Panca Darmansyah mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan Majelis Hakim PN Jakarta Selatan
  • Kuasa hukum menyatakan banding diajukan karena Panca memiliki gangguan psikologi atau kejiwaan
  • Vonis mati dijatuhkan karena Panca dinilai secara sah dan meyakinkan bersalah dalam melakukan kekerasan fisik dalam rumah tangganya

Jakarta, IDN Times - Terdakwa kasus pembunuhan terhadap empat anak kandung di Jagakarsa, Panca Darmansyah, mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Selasa (17/9/2024).
 
"Kami mengajukan banding Yang Mulia," kata kuasa hukum Panca, Amriadi Pasaribu di ruang sidang PN Jakarta Selatan (Jaksel) di Jakarta, dilansir ANTARA.
 
Pengajuan banding tersebut disampaikan usai Ketua Majelis Hakim PN Jaksel Sulistyo Muhamad Dwi Putro menjatuhkan vonis mati kepada Panca. Amriadi menilai, banding itu diajukan demi alasan keadilan lantaran tak sepatutnya Panca divonis mati mengingat kliennya memiliki gangguan psikologi atau kejiwaan.

 

1. JPU mempertimbangkan vonis hukuman mati yang dijatuhkan terhadap Panca

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memvonis vonis mati Darmansyah, seorang ayah yang membunuh empat anak kandungnya di Jagakarsa, Jakarta, Selasa (17/9/2024). (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Setelah vonis mati dibacakan, Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Selatan memberikan kesempatan kepada Panca untuk berdiskusi dengan tim hukumnya untuk menanggapi
vonisnya itu lalu menyatakan banding.
 
Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mempertimbangkan vonis hukuman mati yang dijatuhkan kepada Panca.

Baca Juga: Pembunuh Empat Anak Kandung Panca Darmansyah Dihukum Mati

2. Panca terbukti bersalah dalam melakukan kekerasan fisik dalam rumah tangganya

Panca Darmansyah (kemeja putih) berdiskusi dengan kuasa hukumnya atas vonis mati dalam kasus pembunuhan empat anak kandung di PN Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024). (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Sebelumnya, Majelis Hakim PN Jaksel menjatuhkan vonis mati kepada Panca Darmansyah karena membunuh empat orang anak kandungnya di kawasan Jagakarsa, Jaksel.
 
"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Panca Darmansyah dengan pidana mati," ujar Ketua hakim Sulistyo Muhamad Dwi Putro di ruang sidang PN Jaksel.

Hakim menilai secara sah Panca melakukan kesalahan karena membunuh seluruh anak kandungnya. Terdakwa juga dinilai secara sah dan meyakinkan bersalah dalam melakukan kekerasan fisik dalam rumah tangganya.

Baca Juga: Ayah Bunuh 4 Anak di Jagakarsa Didakwa Lakukan Pembunuhan Berencana

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya