TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kun Wardana Akan Tingkatkan Lapangan Kerja di DKI dengan Digitalisasi 

Ketimpangan ekonomi UMP dan pengeluaran di Jakarta 

Calon wakil gubernur Jakarta dari jalur independen, Kun Wardana Abyoto di JCC, Minggu (29/9/2024)/ IDN Times Dini Suciatiningrum

Intinya Sih...

  • Ketimpangan ekonomi Jakarta: UMP Rp5 juta, biaya hidup Rp14 juta
  • Kun Wardana Abyoto prioritaskan peningkatan kesejahteraan warga Jakarta
  • Rencana Kun: Meningkatkan lapangan kerja digital, bantu UMKM masuk ke dunia digital

Jakarta, IDN Times - Calon wakil gubernur Jakarta dari jalur independen, Kun Wardana Abyoto mengungkapkan salah satu tantangan utama di Jakarta adalah ketimpangan ekonomi. Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta berada di sekitar Rp5 juta, sementara biaya hidup dapat mencapai Rp14 juta. 

Ketimpangan ini, menurut Kun, menghambat banyak warga untuk memiliki kehidupan yang layak. Oleh karena itu, program peningkatan kesejahteraan menjadi prioritasnya.

"Yang menjadi masalah saat ini, pendapatan warga Jakarta Ini UMP di sekitar Rp5 juta tadi pengeluaran Rp14 juta per bulan. Ini merupakan suatu hal yang tidak imbang. Bagaimana warga Jakarta memiliki hidup yang layak kalau tadi besar masyarakat yang pada tiang. Untuk itu program peningkatan kesejahteraan menjadi sangat penting," ujar Kun dalam acara Ideafest 2024 x Liputan 6, di Jakarta Convention Center, pada Minggu (29/9/2024).

1. Tingkatkan lapangan kerja dengan digitalisasi

IDN Times/Istimewa

Kun berencana meningkatkan lapangan kerja dengan memanfaatkan potensi digitalisasi, termasuk membuka peluang di bidang game, aplikasi, dan fashion.

"Banyak pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara digital seperti games, aplikasi, fashion yang berikan akses luas," katanya.

Baca Juga: Driver Ojol Curhat ke Kun Wardana soal Potongan Aplikator yang Besar

2. Bina UMKM ke digital

Pemilik UMKM Kelapa Idea, Admiatun Suwendatanti, sebagai salah satu UMKM binaan Pertamina, sudah siap bertransaksi dengan aplikasi MyPertamina di ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. (dok. Pertamina)

Kun juga berkomitmen membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih terintegrasi ke dunia digital, serta menciptakan ekosistem yang mendukung peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan.

"Bila semua diberikan kesempatan Ibu-ibu UMKM kita bantu dari kita bina bagaimana bisa masuk ke dalam dunia digital sehingga lapangan pekerjaan bisa terus ditingkatkan," katanya.

Baca Juga: Visi Misi 3 Cagub-Cawagub DKI Jakarta: Ridwan Kamil, Dharma, Pramono

3. Cabut batas usia kerja

Calon Wakil Gubernur Jakarta, Kun Wardana Abyoto. (Tangkapan layar YouTube Dewan Kesenian Jakarta)

Kun juga akan mencabut batas usia kerja dan memberikan pelatihan-pelatihan yang tepat serta membangun ekosistem yang sudah terkoneksi.

"Begitu dia melakukan pelatihan tadi bisa langsung ditempatkan di pasar kerja, tentunya dengan konteksnya di tempat mereka dan lain-lain. Jadi ini ada suatu ekosistem dimana konektivitasnya ini satu sama lain bisa saling terhubung," paparnya 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya