TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPUD DKI Temui Heru Budi Bahas Debat Cagub-Cawagub Pilkada 2024

Debat cagub-cawagub digelar 6 Oktober

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Winata di Balai Kota, Senin (23/9/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times - Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Winata, menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, untuk membahas debat kandidat cagub-cawagub Jakarta di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (23/9/2024).

Pantauan IDN Times, Wahyu hadir bersama jajaran Komisioner KPU DKI, yaitu Doddy Wijaya, Astri Megatari, Nelvia Gustina, dan Fahmi Zikrillah.

"Intinya Pak Pj, kita berkomunikasi beberapa hal, pertama melaporkan persiapan Pilkada. Terus membahas RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) sih yang paling penting persiapan debat kandidat dari Pemprov," kata Wahyu.

1. KPU DKI minta masukan Heru

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin launching ILP di Puskesmas Tebet, Selasa, (6/8/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Wahyu mengungkapkan pihaknya memang ingin bersilaturahmi dengan Heru sejak lama. Dia meminta masukan Heru terkait persiapan debat kandidat cagub-cawagub Jakarta dan hak apa saja yang bisa dikembangkan di Pilkada Jakarta.

"Kita minta masukan mengenai kesiapan debat, jadi kita perlu eksplorasi kira-kira apa DKI Jakarta yang perlu kita kembangkan," imbuhnya.

Baca Juga: KPU DKI Jakarta Gelar Debat Cagub-Cawagub Pertama 6 Oktober 2024

2. RPJPD sudah diserahkan ke Pemprov Jakarta

KPU DKI umumkan hasil perbaikan administrasi tiga calon gubernur DKI di Kantor KPU DKI, Jumat (13/9/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Wahyu mengatakan tiga paslon mempunyai visi sesuai RPJPD dan sudah diserahkan pada Pemprov DKI Jakarta.

"RPJPD itu mereka sudah menandatangani bahwa ini sudah sesuai, dan mereka sudah kita kasih dari pemda soal ini," katanya.

Baca Juga: Jelang Pengambilan Nomor Urut, Pendukung Cagub-Cawagub Kumpul di KPUD

3. Debat cagub-cawagub DKI mulai 6 Oktober

Situasi di depan Kantor KPU DKI Jakarta (IDN Times/Fadhliansyah)

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPUD DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, pihaknya akan mengundang cagub dan cawagub dalam setiap debat.

“Untuk debat pertama kami laksanakan 6 Oktober,” ujar Astri di KPU DKI Jakarta, Minggu, 22 September 2024.

Astri menjelaskan, secara teknis debat Pilgub DKI Jakarta akan berbeda dengan debat Pilpres 2024. Cagub dan cawagub akan tampil bersama di atas panggung debat.

“Bukan seperti Pilpres kemarin yang satu-satu gitu kan. Kalau kemarin kan ada capres, ada debat cawapres gitu. Kalau untuk Pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu,” kata Astri.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya