TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Heru soal Ledakan PHK di Jakarta: Bukan Murni Warga DKI

Sebanyak 7.469 pekerja Jakarta mengalami PHK

Heru Budi Hartono di Gedung DPRD pada Kamis (1/8/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Intinya Sih...

  • Lonjakan PHK di Jakarta mencapai 7.469 pekerja pada Juni 2024, menempati posisi tertinggi sepanjang Januari-Juni. DKI Jakarta menyumbang 23,29 persen dari total kasus PHK di Indonesia, disusul Provinsi Banten dan Jawa Barat. Jumlah tenaga kerja yang di-PHK terus meningkat setiap bulan, dengan puncaknya mencapai 7.469 orang pada Juni 2024.

Jakarta, IDN Times - Gelombang Pemutusan Kerja (PHK) di Jakarta semakin naik. Berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), lonjakan jumlah tenaga kerja di Jakarta yang di-Putus Hubungan Kerja (PHK) terjadi pada Juni yang mencapai 7.469 pekerja.

Menangapi ledakan PHK di Jakarta, Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengakui jika merujuk pada data memang benar PHK di Jakarta tinggi. Namun, jumlah tenaga kerja tersebut bukan semua warga Jakarta yang sudah lama tinggal.

"Berdasarkan data memang PHK tinggi. Tapi berdasarkan data yang ada, tidak murni itu adalah warga Jakarta yang sudah lama tinggal. Jadi, ada beberapa warga yang memang datang ke Jakarta, langsung dia kan kalau ke Jakarta tinggal dengan saudaranya, temannya, dengan jaminan lainnya sesuai dengan aturan kependudukan, kan boleh pindah," kata Heru, Senin (5/8/2024).

1. Sebanyak 32.064 pekerja terkena PHK

ilustrasi PHK (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemnaker mencatat 32.064 pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sepanjang Januari hingga Juni 2024.

Mengutip data Kemnaker, dari jumlah tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah PHK tertinggi, menyumbang sekitar 23,29 persen dari total kasus yang tercatat.

Baca Juga: Terbanyak Jakarta, Kasus PHK di Indonesia Membeludak 32.064 Orang

2. Jakarta tempati urutan pertama PHK

Ilustrasi Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Data terbaru menunjukkan lima provinsi dengan kasus PHK terbanyak selama Januari hingga Juni 2024. DKI Jakarta menempati posisi teratas dengan 7.469 kasus.

Provinsi Banten berada di urutan kedua dengan 6.135 kasus, disusul Jawa Barat 5.155 kasus. Kemudian, Jawa Tengah melaporkan 4.275 kasus, sementara Riau melengkapi lima besar dengan 833 kasus.

Baca Juga: Balai Pustaka PHK Massal, Holding Danareka Ungkap Alasannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya