TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Heru Akan Panggil Pemilik Gedung Jakarta untuk Pasang Penyemprot Air

Water mist generator salah satu teknik TMC untuk usir polusi

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono usai melantik Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta di Balai Agung, Senin ( 9/2/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, akan memanggil pemilik gedung bertingkat di Jakarta terkait rencana pemasangan water mist generator atau penyemprot air.

Diketahui pemasangan pompa bertekanan tinggi dari puncak gedung tinggi ini merupakan bagian dari Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) skala mikro, untuk meredam polusi udara.

"Ya hari Senin (minggu depan), dilakukan rapat dengan pemilik gedung-gedung tinggi di Jakarta," ujar Heru di Istana Merdeka, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: KLHK: Sumber Polusi Jabodetabek 44 Persen Kendaraan, 34 Persen PLTU

1. Pemprov bersama KLHK dan BMKG akan sosialisasi

Uji coba Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Mikro untuk menanggulangi pencemaran udara di Jakarta. (instagram.com/dinaslhdki)

Heru menerangkan, pihaknya menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

"Ada tiga tahap nanti yang dilakukan untuk melakukan komunikasi, menyosialisasikan," katanya.

2. Pemprov DKI tidak anggarkan water mist

Water Mist Generator yang digunakan saat uji coba Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Mikro untuk menanggulangi pencemaran udara di Ibukota. (instagram.com/dinaslhdki)

Heru menegaskan, Pemprov DKI tidak menganggarkan pembelian alat water mist generator besutan BRIN ini. Meski demikian Heru yakin pemilik atau pengelola gedung akan membeli alat penyemprot air yang dipasang di puncak gedung tersebut karena tidak mahal.

"Sendiri-sendiri, masing-masing perusahaan. Mau semuanya, itu kan tidak mahal. Wajib," imbuhnya.

Walau demikian, Heru tidak akan memberikan sanksi bagi yang tidak memasang alat penyemprot air tersebut. Sementara gedung yang baru proses pembangunan akan langsung dipasang water mist generator, sesuai arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

"Tidak ada (sanksi) partisipasi, gedung-gedung yang akan dibangun akan pasang, kalau gedung yang terlanjur (sudah dibangun) beli Rp50 juta, tapi empat sisi kalau bisa kata Bu Menteri LH (Menteri LHK), gedung kan kotak atau bundar, jadi empat sisi," paparnya.,

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya