TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Heboh Kepulan Asap di Gedung Sekitar Bundaran HI, Damkar: Itu Simulasi

Kebakaran di Jakarta umumnya disebabkan konsleting

Simulasi latihan kebakaran (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan kepulan asap di gedung tinggi yang diduga berada di sekitar Bundaran HI viral di media sosial. Dalam video asap terlihat berada di gedung perkantoran di lantai atas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Satriadi mengatakan, peristiwa tersebut merupakan latihan simulasi kebakaran.

"Sedang ada kegiatan simulasi kebakaran Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG)," ujar Satriadi saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Dampak Kebakaran Gudang Kabel di Depok, Satu Rumah Terbakar

1. Kebakaran di Jakarta umumnya akibat korsleting

Ilustrasi meteran listrik (dok. PLN)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan kasus kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta, paling banyak disebabkan korsleting atau hubungan arus pendek listrik, akibat kelalaian penggunaan listrik.

Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD, Michael Oktavianes, mengatakan potensi bencana kebakaran di DKI Jakarta disebabkan permukiman padat penduduk, dan kurangnya kepekaan masyarakat terhadap ancaman kebakaran.

"Sebanyak 74,7 persen mayoritas kebakaran karena listrik, jadi sudah jelas biang kerok kebakaran di Jakarta ini korsleting listrik, ini yang harus kita perhatikan," ujar Michael dalam Talkshow di Balai Kota, Rabu (20/9/2023).

2. Puntung rokok juga bisa sebabkan kebakaran

Ilustrasi rokok ilegal dimusnahkan. (dok. Bea Cukai Jateng)

Michael menerangkan selain listrik, penyebab kebakaran di Jakarta karena pembakaran sampah 36 persen, kemudian karena gas atau kompor 20 persen, lilin 16 persen, sisanya puntung rokok, petasan, dan petir.

"Saya baru ngeh puntung rokok bisa sebabkan kebakaran, sebat dulu katanya tapi kalau gak tertib bisa sebabkan kebakaran ada risiko karena rokok," katanya.

Baca Juga: Kebakaran Dekat Danau Jambore, Asap Hitam Pekat Payungi Cibubur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya