TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Data Imunisasi Anak akan Masuk Aplikasi PeduliLindungi

Setiap anak akan memiliki sertifikat elektronik

ilustrasi aplikasi PeduliLindungi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan akan melakukan digitalisasi data imunisasi anak yang langsung tersimpan di aplikasi PeduliLindungi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan jika berkaca dari kesuksesan program vaksinasi COVID-19, nantinya sistem pendataan imunisasi anak tidak lagi dilakukan manual.

''Terkait dengan imunisasi, kami akan melakukan digitalisasi penuh, sehingga semua anak-anak yang nanti kita lakukan imunisasi akan terekam individunya,'' kata Menkes dalam siaran tertulis dilansir laman kemkes.go id, Minggu (15/5/2022)

Baca Juga: Ini Upaya Kemenkes Mencegah Hepatitis Akut Meluas di Indonesia 

1. Setiap anak akan memiliki sertifikat elektronik

Imunisasi bayi di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Budi menilai, upaya digitalisasi data imunisasi ini akan memudahkan orang tua untuk mengakses data imunisasi anak setiap saat, bahkan sampai belasan tahun tanpa khawatir hilang, tercecer, atau rusak, seperti kartu atau buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang selama ini digunakan untuk mencatat data imunisasi anak.

''Setiap anak akan memiliki sertifikat elektronik yang disimpan secara digital, jadi kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, baik 15 tahun lagi atau 20 tahun lagi, data itu tetap tersimpan dengan aman di Kementerian Kesehatan,'' ujar pria berusia 58 tahun itu.

2. Sistem untuk mendukung program imunisasi

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Budi menambahkan, saat ini sistem digitalisasi tersebut sedang dipersiapkan. Sehingga, nantinya bisa diaplikasikan untuk mendukung program Imunisasi.

''Sekarang dalam persiapan, diharapkan sebentar lagi sudah siap dan bisa digunakan untuk mendukung peningkatan cakupan program imunisasi rutin pada anak,'' ujar Budi.

Baca Juga: Kemenkes: 6 Pasien Diduga Hepatitis Misterius Dirawat di Rumah Sakit 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya