TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bye Anies, PKB Nyatakan Koalisi dengan Gerindra di Pilkada DKI Jakarta

Keputusan PKB sudah final

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Intinya Sih...

  • PKB resmi berkoalisi dengan Gerindra untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.
  • PKB akan mendukung calon yang diusung oleh Gerindra, yakni Ridwan Kamil.
  • Kedua partai memiliki kesamaan visi dalam meluruskan ekonomi berbasis konstitusi dan keberpihakan pada ekonomi kerakyatan.

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar memastikan partainya berkoalisi dengan Partai Gerindra termasuk dalam Pilkada DKI Jakarta.

Keputusan ini jadi ancaman serius bagi Anies Baswedan yang terancam tak mendapat tiket maju pada Pilkada DKI 2024. Bila PKB resmi ikut dalam barisan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, maka hanya tersisa PDIP. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB, Hasanuddin Wahid mengatakan koalisi dengan partai yang dipimpin Prabowo ini sudah final.

"PKB sudah final, bahwa PKB untuk Pilkada di DKI ini bersama Gerindra, jadi tidak ada pembicaraan di luar itu," ujar Hasanuddin di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024). 

 

1. PKB bersama Gerindra di Pilkada DKI

Ridwan Kamil hadir di HUT ke-79 RI di IKN pakai baju adat Betawi (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Hassanudin menegaskan pernyataan partai lain tidak berkaitan dengan PKB. Dia memastikan PKB akan mendukung calon yang diusung Partai Gerindra yakni Ridwan Kamil untuk bertarung di Pilkada DKI.

"Jadi kita pastikan PKB bersama Gerindra. Siapa calon yang diusung kita semua juga mengetahui, karena itu apapun pernyataan dari partai-partai lain terkait kemana sikap PKB, saya pikir sudah jelas dan final, PKB bersama Gerindra di Pilkada DKI," tegasnya.

Baca Juga: Cak Imin: PKB Sudah Berkoalisi dengan Gerindra, Kami Cocok

2. Cak Imin nilai Gerindra cocok

Cak IMin dalam acara serah terima dokumen model B di Fairmont, Minggu (18/8/2024)/dok IDN Times

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menilai PKB dan Gerindra memiliki kecocokan untuk meluruskan ekonomi berbasis konstitusi dan keberpihakan.

"Salah satu yang membuat kami berdua cocok adalah kami sama-sana meluruskan ekonomi berbasis ini ekonomi berbasis konstitusi dan keberpihakan pada ekonomi kerakyatan," katanya.

Baca Juga: Cak Imin: PKB Bukan Milik PBNU! 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya