TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ribuan Jemaah Iringi Pemakaman Habib Hasan bin Ja'far Assegaf

Dimakamkan dekat sang ibu

Sejumlah jamaah melakukan takziah hingga mengiringi pemakaman Habib Hasan bin Jafar Assegaf di komplek Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Depok, IDN Times - Ribuan jemaah yang berasal dari berbagai wilayah mendatangi komplek Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. Kedatangan mereka untuk mendoakan dan mengiringi pemakaman Habib Hasan bin Ja'far Assegaf yang merupakan pembina Majelis Taklim Nurul Mustofa.

Adik kandung Habib Hasan, Habib Abdullah mengatakan, pelaksanaan pemakaman Habib Hasan mulai dari takziah hingga pemakaman Habib Hasan telah sesuai rencana. Jenazah sebelumnya disalatkan secara berjamaah.

"Alhamdulillah, begitu banyak jemaah yang datang hadir,” ujar Habib Abdullah, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Pesan Habib Hasan bin Ja'far Assegaf Sebelum Meninggal Dunia

1. Sempat berwasiat ingin dimakamkan di bawah kaki ibunya

Habib Abdullah bin Jafar Assegaf menemui Anies Baswedan yang datang untuk bertakziah atas meninggalnya Habib Hasan yang disemayamkan di rumah duka, Komplek Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dakwah positif Habib Hasan yang disampaikan kepada jemaah dibuktikan dengan kedatangan ribuan jemaah saat pemakamannya untuk mendoakan.

“Tidak hanya anak muda, bapak-bapak, ibu-ibu dan anak kecil semuanya hadir, Alhamdulillah,” tutur Abdullah.

Pemakaman Habib Hasan dilaksanakan di dekat Masjid Nurul Mustofa yang juga merupakan makam sang ibu, Syarifah Fatma binti Hasan bin Mukhsin. Semasa hidupnya, Habib Hasan sempat berpesan untuk dimakamkan di bawah kaki ibunya apabila meninggal dunia.

“Alhamdulillah hari ini saya sudah tunaikan wasiat beliau,” terang Habib Abdullah.

Baca Juga: Innalilahi, Habib Hasan bin Ja'far Meninggal Dunia Usai Salat Dhuha

2. Kesuksesan dakwah Habib Hasan merupakan doa orangtuanya

Sejumlah jamaah bertakziah dikediaman Habib Hasan bin Jafar Assegaf yang meninggal dunia. (IDNTimes/Dicky)

Habib Hasan sangat mencintai dan berbakti kepada orangtuanya. Habib Abdullah mengatakan, bakti Habib Hasan semasa hidupnya merupakan doa dari ibunya.

Alhamdulillah dari awal beliau dakwah sampai sukses sekarang, itu berkat doa dari bunda Syarifah Fatma,” kata dia.

Selain itu, meninggalnya Habib Hasan pada Ramadan juga dinilainya sebagai mati syahid. Hal itu dipertegas dalam hadist Rasulullah yang sering Habib Hasan utarakan saat dakwah.

“Beliau meninggal dunia dalam keadaan suci setelah salat dhuha dalam keadaan berpuasa Ramadan sebelum berbuka,” kata Habib Abdullah.

Baca Juga: Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa Depok

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya