TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fasilitasi UMKM, Pemkot Depok Gelar Pasar Rakyat

Membantu menekan inflasi selama Ramadan dan Idul Fitri

Ilustrasi produk UMKM (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok meningkatkan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menggelar Pasar Rakyat Depok di Alun-Alun Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan, Pemerintah Kota Depok telah membuka perhelatan Pasar Rakyat Depok atau Parade di Alun-Alun Kota Depok, Kamis (6/4/2023). Rencananya, kegiatan tersebut akan diselenggarakan hingga Sabtu (8/3/2023) yang diisi puluhan UMKM di Kota Depok.

"Ini salah satu bentuk kegiatan calendar of event setiap bulan. April ini ada Parade, Mei ada Lebaran Depok. Jadi terus sampai Desember kami lakukan event-event yang meningkatkan pariwisata Kota Depok," ujar Idris, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Panglima Buka Suara soal TNI Fasilitasi Ida Dayak di GOR Kostrad Depok

Baca Juga: Fenomena Ida Dayak, Antara Kebutuhan Warga dan Kemudahan Informasi

1. Inflasi tinggi dan laju pertumbuhan ekonomi rendah menyurutkan minat wisatawan

Wali Kota Depok mengunjungi stand UMKM pada Depok Expo UMKM 2022 di lapangan Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Idris menuturkan, kegiatan pasar rakyat selain memperkenalkan UMKM turut menjadi salah satu upaya mengendalikan inflasi saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri, kata dia, terdapat sejumlah barang mengalami kenaikan harga.

"Biasanya kan barang-barang naik saat Ramadan dan jelang Idul Fitri, maka yang kami upayakan seperti pasar murah," tutur Idris.

Pada kegiatan pasar murah terdapat puluhan stan UMKM yang disediakan Pemerintah Kota Depok. Idris meyakini, kegiatan pasar murah dapat menjadi daya tarik pariwisata, berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi daerah dan inflasi.

"Kalau inflasi tinggi tak terkendali, maka laju pertumbuhan ekonomi juga rendah sehingga pengusaha wisatawan profesional pasti mikir untuk melakukan kunjungan ke tempat tersebut," terang Idris.

Baca Juga: Aksi Pengemudi Pajero Tabrak Mobil di Depok Buat Macet Jalan Margonda

2. Pertumbuhan ekonomi Kota Depok capai 5,24 persen

Wali Kota Depok mengunjungi stand UMKM pada Depok Expo UMKM 2022 di lapangan Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kegiatan pasar murah atau yang disebut pasar rakyat Depok menyediakan 40 stan Industri Kecil Menengah (IKM). Tidak hanya itu terdapat 11 stan UMKM perwakilan setiap kecamatan.

"Terdapat 11 stan Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani Nelayan Andalan atau KTNA turut meramaikan ini," ucap Idris.

Pegiat IKM yang tergabung kegiatan pasar rakyat merupakan binaan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, sedangkan UMKM merupakan binaan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro Kota Depok. Idris mengakui nilai pertumubuhan ekonomi Kota Depok berada pada angka 5,24 persen.

"Alhamdulillah secara data riil pertumbuhan ekonomi Kota Depok sebesar 5,24 persen," kata Idris.

Baca Juga: Pajero Terlibat Tabrakan di Jalan Margonda Depok Pakai Pelat Palsu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya