TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konvoi Dukung Palestina, Prabowo di Olimpiade hingga Mutasi Kapolda

Peringatan peristiwa Kudatuli juga digelar PDIP

Aksi Bela Palestina di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Jakarta, IDN Times - Serangkaian isu terjadi di Tanah Air pada Sabtu (27/7/2024). Mulai dari aksi ribuan orang yang konvoi untuk mendukung Palestina, peringatan peristiwa Kudatuli, hingga momen Prabowo Subianto yang menonton pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Tak hanya itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga diketahui melakukan mutasi terhadap enam orang Kapolda dan Kepala BP2MI yang siap dipanggil terkait klarifikasi sosok di balik judi online. Berikut rangkuman berita yang terjadi sepanjang Sabtu!

1. Aksi Palestina, ribuan orang konvoi dari masjid Al-Azhar ke JIEXPO

ilustrasi bendera Palestina (pexels.com/Alfo Medeiros)

Ribuan orang yang tergabung dalam aksi bela Palestina menggelar konvoi dari Masjid Agung Al Azhar menuju Parkir Barat JIEXPO Kemayoran, Sabtu (27/7/2024) pagi.

Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB. Namun massa yang hadir sudah berkumpul sejak dini hari untuk mengikuti salat subuh berjamaah.

Acara yang digelar sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina itu terdiri dari berbagai acara, di antaranya monolog, bazar multi produk, mural art, panggung cinta untuk Palestina, hingga doa bersama.

Baca di sini selengkapnya!

Baca Juga: PDIP: Tanpa Kudatuli, Tidak Ada Pilpres Langsung dan Reformasi

2. Peringati Kudatuli, Hasto hingga Ganjar tabur bunga di markas PDIP

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, memimpin secara langsung prosesi tabur bunga dalam rangka memperingati 28 tahun peristiwa serangan kantor DPP PDIP pada 27 Juli 1996 (Kudatuli).

Tabur bunga dilaksanakan di kompleks kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2024) pagi.

Sebelum melakukan prosesi tabur bunga, Hasto di akhir pidatonya mengajak seluruh elite PDIP hingga masyarakat yang menjadi saksi sejarah kelam itu untuk mendoakan mereka yang telah menjadi korban atas peristiwa tersebut.

"Mari kita bersama-sama mempersiapkan jiwa raga kita untuk prosesi doa. Kita akan bersama-sama berdoa untuk mereka yang telah berjuang untuk tegaknya demokrasi dan bagi kemerdekaan republik ini," kata Hasto di halaman kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2024).

Baca di sini selengkapnya!

3. Prabowo lambaikan tangan ke Kontingen RI di Olimpiade Paris

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang dihelat di Sungai Seine, Paris. (dok. Istimewa)

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang dihelat di Sungai Seine, Paris, sekitar pukul 19.30 waktu setempat, atau Sabtu (27/7/2024) pukul 00.30 WIB.

Pembukaan acara Olimpiade Paris 2024 ini diawali parade dari masing-masing kontingen negara yang akan berlaga, termasuk Indonesia. 

Ketika kontingen Indonesia melintas menggunakan kapal melintasi Sungai Seine, Prabowo seketika berdiri dari tempat duduknya dan melambaikan tangan ke kontingen Indonesia tersebut untuk memberikan semangat.

Terlihat Prabowo menggunakan jas hujan transparan lantaran hujan mengguyur Kota Paris tadi malam.

Baca selengkapnya di sini!

Baca Juga: Sandiaga Uno Beri Sinyal Tidak Lanjut Jadi Menparekraf di Era Prabowo

4. Kapolri mutasi 6 Kapolda, termasuk Irjen Ahmad Luthfi

Ketua PSSI Erick Thohir menyambangi Kapolri Listyo Sigit Prabowo di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Senin (15/7/2024) siang.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. Enam di antaranya adalah kapolda.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh As-SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo, pada Jumat 26 Juli 2024.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan, adanya mutasi dan rotasi di tubuh Polri. Menurutnya, hal ini sudah biasa di lingkungan Korps Bhayangkara untuk meningkatkan kinerja anggota.

"Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty of area," kata Trunoyudo, Sabtu (27/7/2024).

Brigjen Ribut Hari Wibowo yang saat ini menjabat Karobinkar SSDM Polri. Dirinya dipromosikan untuk menjadi Kapolda Jawa Tengah menggantikan Irjen Ahmad Lutfi yang mendapat penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baca selengkapnya di sini!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya