TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

InJourney Libatkan 3.000 SDM Lokal pada Pertamina GP of Indonesia

Presiden Jokowi berikan apresiasi

ITDC, selaku anak usaha InJourney melibatkan sekitar 3.000 SDM lokal dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 yang  berlangsung pada 27-29 September 2024 (dok. InJourney)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasinya kepada Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang melibatkan SDM lokal untuk turut menyukseskan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit  Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). ITDC, selaku anak usaha InJourney melibatkan sekitar 3.000 SDM lokal dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 yang  berlangsung pada 27-29 September 2024.

1. ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menjaring SDM lokal melalui rekrutmen pada awal September 2024

ITDC, selaku anak usaha InJourney melibatkan sekitar 3.000 SDM lokal dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 yang  berlangsung pada 27-29 September 2024 (dok. InJourney)

ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menjaring SDM lokal melalui rekrutmen pada awal September 2024. Proses rekrutmen dilakukan secara terbuka dan tidak dipungut biaya. SDM lokal ini dilibatkan untuk mengisi berbagai posisi sebagai Marshall, Crowd Control, Security (Steward), Waste Management, Cleaning Service, Media Center, Ticketing dan Hospitality.

“Keterlibatan SDM lokal memang menjadi salah satu prioritas InJourney dalam menyelenggarakan sebuah event besar, termasuk Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. Melalui keterlibatan SDM lokal, kami berharap dapat menciptakan satu sustainable tourism, yang memberikan dampak ekonomi yang luas baik pada perekonomian lokal maupun nasional,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Baca Juga: Jelang MotoGP 2024, ITDC Rayu Maskapai Buka Rute Perth-Lombok

2. Berkat keterlibatan SDM lokal dan juga dukungan para stakeholder, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 berlangsung dengan sukses

ITDC, selaku anak usaha InJourney melibatkan sekitar 3.000 SDM lokal dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 yang  berlangsung pada 27-29 September 2024 (dok. InJourney)

Maya juga menambahkan bahwa pelaksanaan ketiga ini semakin banyak improvement yang dilakukan. “Kalau kita awal MotoGP ini tiga tahun lalu marshal, facility, support itu semua kita impor dari Eropa, dari Spanyol, dari Malaysia-Sepang. Kali ini kita full SDM lokal, dari Lombok maupun dari Indonesia, bahkan kita ekspor SDM kita ke internasional, seperti Marshall,” tambah Maya.  

Berkat keterlibatan SDM lokal dan juga dukungan para stakeholder, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 berlangsung dengan sukses. Pihak Dorna, sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, bahkan memberikan apresiasi dan menilai penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of  Indonesia 2024 berbeda dan sangat baik. 

3. Presiden Jokowi menilai penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika selama tiga tahun sangat baik

Presiden Jokowi menyaksikan race MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika ditemani Menpora dan Menteri BUMN, Minggu (29/9/2024). (IDN Times/Linggauni)

Secara keseluruhan, Presiden Jokowi menilai penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika selama tiga tahun berturut-turut sangat baik, mulai dari manajemen, fasilitas, serta keterlibatan SDM lokal.

“Semua sangat baik kita lihat dari manajemen, fasilitas serta untuk krunya saya sangat senang sebab dari 3 ribu kru yang ada semuanya berasal dari NTB. Saya sangat senang,” kata Presiden Jokowi pada Minggu saat doorstop bersama media (29/9).

Presiden Jokowi turut hadir pada balapan utama Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika. Presiden menyerahkan trofi juara kepada pembalap asal Spanyol, Jorge Martin yang  finish pada urutan pertama pada Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

4. Multiplier effect event ini dampak ekonominya mencapai Rp4,8 triliun

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono (kiri) dan Direktur Utama ITDC, Ari Respati (kanan). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

ITDC, anak usaha InJourney yang menjadi penyelenggara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 memang berupaya menghadirkan sesuatu yang berbeda dan istimewa pada penyelenggaraan tahun ini. Serangkaian event diselenggarakan sebelum penyelenggaraan race sebagai pertunjukan utama. Mulai dari Riders Parade, festival “Spirit of Indonesia”, hingga kehadiran Pertamina MotoGP Experience Gallery. 

“Beragam event diselenggarakan bersama MotoGP Mandalika 2024 sehingga menambah keseruan acara. Kami berharap masyarakat yang hadir dapat menikmati MotoGP Mandalika 2024, sehingga semakin mengangkat citra pariwisata Mandalika dan juga Indonesia,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono. 

Perpaduan balapan berkelas internasional dan juga beragam event yang menarik mampu  menyedot hingga 120 ribu penonton MotoGP Mandalika 2024. Multiplier effect-nya pun tidak kecil, dengan dampak ekonominya mencapai Rp4,8 triliun. Keterlibatan SDM lokal dan juga UMKM memberikan nilai tambah tersendiri dari pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika. (WEB)

Baca Juga: Perkuat Sportainment Tourism, InJourney Kembali Gelar MotoGP Mandalika

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya