TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Travel Umrah Naila Syafaah Gaet Tokoh Agama, Dijadikan Kepala Cabang

PT Naila Syafaah Mandiri Wisata menipu banyak jemaah

Sejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Sukoharjo berjalan memasuki pesawat saat keberangkatan kloter pertama di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7/2019) pagi. Jamaah calon haji yang tergabung pada kloter pertama dari Kabupaten Sukoharjo tersebut memberangkatkan sebanyak 360 jamaah calon haji menuju Tanah suci Makkah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.)

Jakarta, IDN Times - Travel umrah, PT Naila Syafaah Mandiri Wisata yang menipu ratusan jemaah hingga menelantarkannya di Arab Saudi ternyata mengajak para tokoh agama demi menarik minat masyarakat.

Kepala Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Joko Dwi Harsono, mengatakan, pemilik travel mendatangi masjid, pesantren, dan menggaet tokoh agama setempat.

Para tokoh agama ini diajak dan dihadirkan saat travel umrah tersebut menggelar roadshow di berbagai daerah di Indonesia.

"Yang punya pengaruh di lokasi itu, kayak ustaz, tokoh agama, kan modusnya dia datangin pesantren, datangin masjid, pengajian, nanti tokoh agama ini diajak," katanya kepada wartawan, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Mafia Travel Umrah Berusaha Hilangkan Barang Bukti Saat Ditangkap

Baca Juga: Travel Umrah Naila Safaah Punya Ratusan Kantor Cabang Tak Berizin

1. Tokoh agama dijadikan kepala cabang

Ilustrasi Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Tak hanya itu, kata Joko, sosok tokoh agama juga terpampang dalam brosur yang dibuat oleh travel umrah tersebut dengan tujuan agar korban semakin percaya dengan biro perjalanan tersebut.

Beberapa tokoh agama ini bahkan menjadi kepala cabang dari travel umrah tersebut.

Mereka juga dijanjikan sejumlah bonus, mulai dari mobil hingga tanah jika berhasil mengajak warga untuk menggunakan travel umrah itu.

Baca Juga: Kasus Penipuan Travel Umrah, Polisi Tangkap 3 Pelaku

2. Pastikan para tokoh agama tidak terlibat dalam kasus penipuan

Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Kendati demikian, Joko memastikan para tokoh agama tersebut tidak terkait dengan aksi penipuan ratusan jemaah umrah oleh PT Naila Syafaa Wisata Mandiri.

"Mereka ini gak tahu kalau ternyata ini aksi penipuan. Bahkan mereka juga sebenarnya jadi korban penipuan," ucap Joko.

Baca Juga: Penipuan Travel Umrah, Puluhan Orang Sempat Terlantar di Arab Saudi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya