TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soroti Konflik Israel-Palestina, Anies Dukung Langkah Pemerintah

Akar masalah harus diselesaikan

Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Jakarta, IDN Times - Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan turut mengomentari naiknya ekskalasi konflik antara Palestina dan Israel.

Menurut Anies, akar masalah dari meningkatnya eskalasi konflik tersebut adalah ketidakadilan, penindasan, dan pendudukan tanah Palestina oleh Israel.

“Jadi peningkatan eskalasi kekerasan yang terjadi beberapa waktu ini, ketegangan yang muncul itu berakar pada ketidakadilan, penindasan dan pendudukan pada tanah Palestina oleh Israel,” kata Anies dalam keterangan, dikutip Senin (9/10/2023).

Baca Juga: Hari Kedua Perang: 424 Warga Palestina dan 600 Warga Israel Tewas

Baca Juga: Sapa Warga KBB, Anies Baswedan Singgung Soal Banyakanya Gangguan

1. Akar masalah konflik Israel-Palestina harus diakhiri

Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Anies memaparkan rentetan tindakan kekerasan yang dilakukan Israel, di antaranya hampir 600 orang Palestina meninggal terbunuh dalam 2,5 tahun terakhir.

Ironisnya, kata dia, tidak ada penegakan hukum bagi pelaku. Bahkan sehari sebelum peristiwa 7 Oktober 2023, seorang pemuda Palestina dibunuh beramai-ramai oleh pemukim ilegal di Huara.

Oleh karena itu, ujar Anies, ketika pendudukan tanah, perluasan permukiman ilegal, penekanan terhadap warga dalam sebuah tindakan apartheid terjadi, maka akan memunculkan reaksi perlawanan.

“Kami melihat pentingnya kita semua untuk mendukung penyelesaian akar masalahnya (ketidakadilan), selama itu tidak diselesaikan maka akan terus berulang,” kata Anies.

Baca Juga: Partai Masyumi Resmi Dukung AMIN, Dihadiri Langsung Anies Baswedan

2. Dukung sikap tegas Indonesia dukung kemerdekaan Palestina

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan. (IDN Times/Amir Faisol)

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mendukung sikap tegas dari Pemerintah Indonesia untuk menentang apa yang dilakukan Israel dan terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui berbagai perundingan. Dia juga sekaligus meminta Israel untuk menghentikan praktik apartheid kepada rakyat Palestina.

“Saya mendukung sikap yang diambil Indonesia selama ini bahwa kita memperjuangkan untuk ada penurunan ketegangan, proses perundingan yang lebih adil dengan memperhatikan hak rakyat Palestina dan menghentikan praktek politik apartheid yang dilaksanakan oleh Israel,” kata Anies.

Dia mengatakan, Indonesia harus berpartisipasi aktif mewujudkan perdamaian dunia yang ditandai dengan hadirnya rasa keadilan di tanah Palestina sehingga kedamaian yang sesungguhnya dapat disaksikan.

“Kita harus berpartisipasi aktif mewujudkan perdamaian dunia dan itu tidak ditandai dengan tiadanya konflik, tapi hadirnya rasa keadilan. Itu harus dihadirkan di tanah Palestina sehingga kita saksikan kedamaian yang sesungguhnya,” kata dia.

Baca Juga: Jusuf Kalla Kasih Oleh-oleh untuk Anies Baswedan, Ternyata Ini Isinya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya