TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ridwan Kamil: Soal Pertemuan, Bola Ada di Tangan Anies

Ridwan Kamil mengaku sudah kirim pesan WhatsApp ke Anies

Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil di area Gelora Bung Karno. (IDN Times/Aryo Damar)

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil mengirim pesan WhatsApp ke Anies terkait rencana pertemuan, dan keputusan pertemuan sepenuhnya menjadi hak Anies.
  • Direktur LSI memperkirakan suara pendukung Anies di Jakarta mencapai 40%, sementara basis utama pendukung Ridwan Kamil mencapai 15%.
  • Hasil survei PSG menunjukkan mayoritas pendukung Anies tidak akan memilih Ridwan Kamil, sementara juru bicara Anies menyatakan kemungkinan mendukung paslon yang sejalan visi-misinya.

Jakarta, IDN Times - Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil bicara mengenai rencana pertemuan dengan Anies Baswedan. Ia mengaku sudah menghubungi Anies melalui pesan singkat.

Ridwan Kamil pun menegaskan, saat ini keputusan pertemuan itu sepenuhnya menjadi hak Anies karena bola ada di tangan dia.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil setelah menghadiri acara kampanye dialogis di Senayan, Jakarta Utara, Minggu (29/9/2024).

"Yang ketemu bolanya ada di pak Anies, kalau WA sudah disampaikan," ujar Ridwan Kamil.

1. RK-Pramono butuh pendukung Anies

Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil saat menghadiri deklarasi relawan Jalak Nasional. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, jumlah suara pendukung Anies di Jakarta diperkirakan mencapai 40 persen. Sementara, basis utama pendukung Ridwan Kamil mencapai 15 persen. Angkanya bisa berlipat ketika didukung PKS, yakni 30 persen.

Sedangkan, basis utama Pramono-Rano jumlahnya mencapai 15 persen. Angka itu merujuk kepada jumlah suara PDIP di wilayah Jakarta.

"Baik RK-Suswono dan Pramono-Rano, tidak ada yang bisa menang tanpa meraih lebih banyak pendukung Anies," ujar dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Janji Teruskan Program Anies-Ahok

2. Survei ungkap mayoritas pendukung Anies tak pilih Ridwan Kamil

Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil mau masifkan pembangunan di Jakarta Utara. (IDN Times/Amir Faisol)

Sedangkan, hasil survei yang dirilis Political Strategy Group (PSG) menggambarkan mayoritas pendukung Anies tidak akan memilih Ridwan Kamil.

Direktur PSG, Ahsan Ridhoi, mengatakan mayoritas warga Jakarta masih ingin dipimpin kembali Anies. Namun, Anies tidak mendapat tiket untuk berlayar dari partai politik di Pilkada Jakarta.

Menurut dia, pemilih loyal Ridwan Kamil sebenarnya sangat kecil ketika dihadapkan dengan Anies dan Ahok.

"Jadi, kenangan manis kayaknya dengan Pak Anies, dengan Pak Ahok. Jadi mereka lebih (dipilih) kembali. Sementara, Ridwan Kamil itu hanya (dipilih) terbatas di 15 persen," ujar Ahsan dalam hasil rilis pada 7 September 2024. 

Baca Juga: Visi Misi 3 Cagub-Cawagub DKI Jakarta: Ridwan Kamil, Dharma, Pramono

3. Anies bakal dukung paslon yang punya kesamaan visi-misi

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan) berkunjung ke Pasar Cempata Putih, Jakarta Barat. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Juru bicara Anies, Usamah Abdul Aziz, mengatakan tidak tertutup kemungkinan Anies akan mendukung salah satu paslon. Asalkan, paslon tersebut memiliki visi dan misi yang sejalan.

"Mas Anies kan belum mendengar visi-misi dari paslon yang ada. Kami belum memutuskan dampaknya bila Mas Anies mendukung salah satu paslon, dan apakah sesuai dengan visi-misinya yang selalu berbicara keadilan sosial, membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang sudah besar. Kemudian soal sembako, bukan sekadar kemacetan, bicara kampung miskin, termasuk Kampung Bayam," ujar dia.

"Apabila memang ditemukan ada yang sejalan, maka tidak menutup kemungkinan (mendukung). Tapi bila tidak ada, maka tak ada masalah juga bila Mas Anies tidak melabuhkan dukungan secara terbuka ke salah satu paslon," imbuh dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya