TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PKB DKI soal Anies-Sohibul: Klaim PKS, Tak Pernah Dikomunikasikan

PKS masih kukuh dengan duet Anies-Sohibul

Ketua DPW PKB Hasbiallah Ilyas sebut nama Sohibul Iman merupakan klaim PKS. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • PKS klaim duet Anies-Sohibul sepihak tanpa komunikasi dengan PKB
  • PKB siap dukung pemenang Pilkada, tidak masalah ada poros ketiga
  • PKS tetap kukuh usung Anies-Sohibul, ingin dua poros koalisi untuk satu putaran Pilkada

Jakarta, IDN Times - Ketua DPW PKB Jakarta Pusat, Hasbiallah Ilyas menanggapi munculnya nama Sohibul Iman yang diduetkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mewakili Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. 

Menurut dia, PKS belum pernah melakukan komunikasi dengan PKB sebelum adanya deklarasi itu. Ia pun mengatakan, duet Anies-Sohibul ini merupakan klaim sepihak PKS dan bukan hasil keputusan bersama partai koalisi pendukung Anies.

"Itu Sohibul iman kan klaimnya PKS sendiri. Tidak ada komunikasi dengan PKB," ujar Hasbiallah Ilyas saat ditemui di Kantor DPW PKB, Jakarta Timur, Minggu (21/7/2024).

1. PKB tak masalah Pilkada Jakarta digelar lebih dua poros

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas dalam acara GenZ Memilih di Studio IDN Times (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih jauh, Hasbiallah Ilyas juga bicara mengenai peluang munculnya poros ketiga dalam Pilkada Jakarta 2024 mendatang. Ia mengaku tidak masalah bila pilkada nanti diikuti lebih dua poros koalisi partai.

Namun, ia memastikan bahwa sosok yang akan didukung oleh PKB pasti akan keluar sebagai pemenangnya di Pilkada Jakarta mendatang. Di sisi lain, dia juga berharap proses demokrasi yang akan datang berjalan tanpa ada tekanan.

"Yang penting, siapapun wakilnya, dukungan PKB menang. mau 3 poros, mau 4 poros, mau 5 porod tidak ada masalah. yang penting demokrasi ini berjalan dengan tidak ada tekanan," katanya.

Baca Juga: Anies Tak Ambil Pusing PKB-NasDem Belum Dukung Resmi di Pilkada DKI

2. PKS masih kukuh mau wujudkan Anies-Sohibul

Anies Baswedan dan Sohibul Iman (ANTARA FOTO|IDN Times/Amir Faisol)

Adapun, PKS masih kukuh memperjuangkan duet Anies Baswedan-Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mengatakan pihaknya terus berupaya membangun komunikasi dengan banyak partai agar pasangan Anies-Sohibul bisa terwujud.

Mardani juga menanggapi wacana terwujudnya tiga poros koalisi. Menurut dia, Pilkada Jakarta 2024 unik, termasuk mengenai syarat kemenangan. Idealnya, kata dia, cukup dua pasang kandidat yang bertarung di Jakarta.

"Pandangan saya begini, agak sulit melihat tiga kubu di DKI, kalau PKB-PDIP bisa, tapi peluang (menang) di DKI, DKJ ini kan 50 persen ditambah 1, gitu loh,” kata Mardani, di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024.

Karena itu, Mardani mengajak semua pihak untuk membentuk dua poros koalisi, sehingga Pilkada Jakarta dapat digelar satu kali putaran.

"Jadi dari awal sadar udah dua kubu saja loh, biar satu kali putaran,” kata dia.

Baca Juga: Berpeluang Duel dengan Ahok di Pilkada, Anies: Fokus Saya ke Warga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya