TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PAN Terbuka Bahas Syarat PKS buat Dukung Ridwan Kamil di Jakarta 

PKS buka opsi dukung KIM Plus

Sekjen PAN Eddy Soeparno tegaskan melawan kotak kosong bagian dari demokrasi. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • PKS membuka opsi dukung KIM Plus untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI 2024.
  • PKS mengajukan syarat agar partainya mendapatkan posisi cagub atau cawagub di Pilkada DKI 2024.
  • Pimpinan parpol di KIM Plus akan segera bertemu untuk membahas Pilkada DKI Jakarta 2024.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno angkat bicara terkait wacana PKS merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus buat mendukung Ridwan Kamil. PKS memberi syarat kadernya menjadi calon gubernur atau wakil gubernur.

Eddy mengaku, PAN bakal senang membahas segala kemungkinan. Meski begitu, Eddy menegaskan, semua keputusan terkait Pilkada DKI Jakarta 2024 akan diambil pimpinan KIM Plus.

"Tentu kita akan terbuka untuk opsi itu, tentu kita akan senang untuk membahas apa saja kemungkinan-kemungkinannya, tetapi pada saatnya nanti kan itu akan diputuskan secara bersama-sama," kata Eddy, saat dikonfirmasi, Kamis (8/8/2024).

"Nanti apa pun keputusannya bersama-sama seperti saya sampaikan, itu tentu kita semuanya akan bertahap untuk melaksanakan hasil keputusan para pimpinan di KIM itu," lanjut dia. 

Baca Juga: PKS Buka Opsi Gabung KIM Plus, Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

1. PAN tak masalah PKS ajukan syarat cagub-cawagub

Sekjen PAN Eddy Soeparno tegaskan melawan kotak kosong bagian dari demokrasi. (IDN Times/Amir Faisol)

Eddy tak masalah jika PKS mengajukan syarat buat mendukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta. KIM Plus, kata dia, sudah berkomitmen mengambil keputusan secara kolektif.

"Ya intinya kalau itu sudah menjadi keputusan dari para ketua umum di KIM, apa pun keputusannya, kita sudah semuanya berkomitmen untuk melaksanakan keputusan kolektif itu," imbuh dia. 

Dalam waktu dekat, pimpinan parpol di KIM Plus bakal bertemu membahas Pilkada DKI Jakarta 2024. Namun, Eddy belum tau kapan pertemuan itu digelar.

Saat ini, para pimpinan parpol di KIM Plus masih sibuk membantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo di kabinet.

"Saya kira sih dalam waktu dekat ini lah, karena kan para ketua umum itu kan menteri di kabinet juga, jadi mereka memiliki kesibukan masing-masing," kata dia.

Baca Juga: PAN: Soal Cawagub Ridwan Kamil di Pilkada DKI dari PKS Masih Dibahas

2. PKS buka opsi gabung KIM Plus

Wakil Ketua Majelis Dewan Syuro, Mohamad Sohibul Iman (IDN Times/Tata Firza)

PKS membuka peluang merapat ke KIM Plus untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI 2024. PKS mengajukan syarat agar partainya mendapatkan posisi cagub atau cawagub. Mengingat PKS merupakan partai pemenang Pemilu 2024 di Jakarta.

"Sebagai partai pemenang di Jakarta, DPP PKS sudah memutuskan bahwa kadernya harus ikut dalam kontestasi Pilkada Jakarta baik sebagai cagub atau cawagub," kata jubir PKS, Muhammad Kholid.

Kholid mengatakan, partainya sedang mengkaji opsi merapat ke KIM Plus dan mendukung Ridwan Kamil.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah juga membangun komunikasi politik dengan KIM di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji dan dibahas oleh DPP PKS," kata dia.

Baca Juga: Demokrat: Deklarasi KIM Plus Dukung Ridwan Kamil di DKI Tak Lama Lagi 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya