TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menag Kunjungan ke Paris, Rapat Evaluasi Haji 2024 di DPR Ditunda

Menag melakukan kunjungan kerja hingga 28 September

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengaku dengar Muktamar di Bali tidak demokratis. (IDN Times/Amir Faisol)

Jakarta, IDN Times - Rapat Kerja (Raker) Komisi VIII DPR bersama Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan, dan Menteri Perhubungan terkait evaluasi haji 2024 ditunda.

DPR memutuskan menunda rapat karena Menag Yaqut Cholil Qoumas absen. Menag Yaqut sedang mewakili Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja di Paris hingga 28 September.

“Kami sampaikan permohonan maaf karena memang bapak menteri sedang jalankan tugas yang diberikan, hari ini sedang ada di Prancis dalam rangka menjalankan tugas mewakili presiden pada acara International Meeting for Peace,” kata Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki, dalam rapat.

Saiful mengatakan Yaqut sejatinya bersedia hadir secara daring dan mengusulkan agar rapat tetap berjalan.

“Dan ada opsi yang beliau sampaikan karna beliau juga nggak bisa tinggalkan tugas tersebut bersedia secara online Pak Ketua,” kata Saiful.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi melempar usulan ini kepada forum. Namun Ashabul memberikan catatan, sejak awal rapat ini harus dihadiri oleh seluruh menteri yang diundang.

“Tadi sudah disampaikan bahwa berdasarkan aturan rapat ini harus dihadiri bapak Menag,” kata Kahfi.

Ia pun menyampaikan agar rapat dijadwalkan ulang pada Jumat 27 September 2024. Ia membuka opsi agar Yaqut bisa hadir secara fisik.

“Dan kami sudah schedule ulang di 27 (September), bahwa kemudian nanti beliau bisa hadir fisik atau onlie nanti bisa dibicarakan di pimpinan,” kata Kahfi.

Baca Juga: Pansus Haji: Menag Yaqut Kembali Mangkir Panggilan Kedua

Baca Juga: Kemenag Klaim Pengadaan Layanan Haji 2024 Sesuai Aturan

Baca Juga: BPKH Berharap Subsidi Haji 2025 Berkisar di Angka 30 Persen

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya