TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Luluk Nur Hamidah Mengundurkan Diri dari DPR Usai Maju Pilkada Jatim

Luluk jadi Calon Gubernur Jawa Timur

Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah mengaku sudah serahkan surat pengunduran diri sebagai anggota usai maju di Pilkada Jawa Timur 2024. (IDM Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • Luluk Nur Hamidah, anggota Komisi VI Fraksi PKB, mengundurkan diri dari DPR untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024.
  • Menurut Luluk, anggota DPR yang ingin maju di Pilkada harus mengundurkan diri sesuai persyaratan KPU.
  • Luluk akan tetap menjalankan tugas sebagai Anggota DPR RI hingga ada penetapan calon pilkada oleh KPU pada 22 September 2024.

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi VI Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah mengaku sudah menyerahkan surat pengunduran diri ke pimpinan DPR. Surat pengunduran diri ini diserahkan setelah dia ditugaskan PKB maju di Pilgub Jawa Timur 2024.

Luluk menyampaikan, Anggota DPR RI yang hendak maju di Pilkada 2024 memang harus mengundurkan diri. Hal itu menjadi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU.

"Jadi sudah menyerahkan surat pengunduran diri sejak sebelum pendaftaran kan," ujar Luluk di Gedung DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (2/9/2024).

"Memang sebagai sebuah persyaratan, tetapi kita juga sampaikan bahwa itu diperlukan pada saat penetapan saya sebagai calon gubernur," lanjut dia.

Namun, kata dia, sebelum ada penetapan calon pilkada oleh KPU, dirinya masih akan menjalankan tugas sebagai Aggota DPR RI.

Adapun, penetapan calon kepala daerah sendiri akan dilakukan KPU pada 22 September 2024.

"Ya, bukan belum di-acc, tapi kan memang belum penetapan. Jadi saya kira DPR belum perlu mengeluarkan itu," kata dia.

"Jadi terakhir kalau penetapannya 22, ya, sudah ditetapkan, di situ mungkin surat dari DPR keluar satu hari sebelum 22. Atau persis tanggal 22 September. Jadi saya akan tetap menjalankan tugas konstitusional sebagai wakil rakyat," lanjut dia.

Diketahui, PKB mengusung pasangan Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Hakim sebagai pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Jawa Timur 2024.

Baca Juga: Pasangan Risma-Hans dan Luluk-Lukman Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya