TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kongres III NasDem Dibuka Jokowi Besok, Prabowo-Anies Diundang 

Bakal angkat lima isu strategis

Partai NasDem undang Jokowi untuk membuka Kongres III di JCC. (IDN Times/Amir Faisol)

Jakarta, IDN Times -  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem akan menggelar Kongres III di JCC Senayan, Jakarta pada 25-27 Agustus 2024. Kongres akan dibuka langsung Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Ketua SC Kongres III Partai NasDem, Willy Aditya mengungkapkan, penutupan Kongres pada 27 Agustus dihadiri oleh Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

"Kongres ini menjadi common ground-nya, jadi kemungkinan Pak Prabowo juga datang pembukaan dan penutupan tapi secara formal pembukaan oleh Presiden Jokowi penutupan oleh Pak Prabowo sebagai Presiden terpilih," ujar Willy Aditya di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (23/8/24).

Willy mengungkapkan, Kongres III juga akan mengundang seluruh partai politik. Dia mengatakan, kongres ini akan menjadi momentum rekonsiliasi Partai NasDem. 

"Tidak ada yang tidak kita undang, jadi semua partai politik kita undang, karena inilah momentumnya untuk rekonsiliasi. Tidak hanya manis di bibir tapi pahit di kenyataan, tidak. Tetapi, kebersamaan itu kita bangun dari ruang ada common ground-nya," tutur Willy. 

Baca Juga: Surya Paloh Sebut Anies Tidak Kecewa Batal Diusung NasDem

1. NasDem angkat lima isu strategis

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya sebut partainya akan mengambil langkah belakangan untuk Pilkada DKI 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Willy menambahkan nantinya akan ada tiga komisi dalam pelaksanaan Kongres ke III NasDem antara lain Komisi AD/ART, Komisi Rekomendasi dan Komisi Program Aksi.

Nantinya, kata dia, akan ada lima isu besar yang akan di-highlight mendalam yakni isu negara hukum, green economy, politik, isu internasional, dan krisis lingkungan.

NasDem menilai ada banyak hal yang perlu diluruskan dalam penegakan hukum di Indonesia. 

"Jadi bagaimana aparat penegak hukum, KPK, polisi, jaksa, kita tetap memiliki komitmen. Bagaimana kita yang banyak dibahas di SC tentang nanti dimatangkan di kongres, ada kasus 15 tahun lalu, tahu-tahu baru hari ini diambil. Ini kadaluarsanya bagaimana?” kata Willy.

2. NasDem undang Anies Baswedan di Kongres III di Jakarta

Anies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Sementara itu, Anies Baswedan turut diundang ke Kongres III, meski Partai NasDem telah menarik dukungan baginya untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

"Pak Anies diundang," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Hermawi Taslim. 

NasDem kini merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk mendukung pasangan Ridwan Kamil dan Suswono sebagai cagub dan cawagub di Pilkada DKI 2024.

Baca Juga: NasDem Cabut Dukungan di Pilkada, Anies Diklaim Tak Kecewa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya