TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kombes Irwan Jadi Saksi Kunci, IPW Minta Polda Metro Beri Perlindungan

Harus dijamin jadi whistleblower

Irwan Anwar (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)

Jakarta, IDN Times - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar disebut menjadi saksi kunci dalam kasus dugaan pemerasan yang menyeret pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menilai Irwan Anwar harus mendapat perlindungan karena keterangannya yang signifikan di kasu sini. Dengan perlindungan itu, kata Sugeng, Irwan bisa membuka kasus ini secara terang benderang.

“Kombes Irwan Anwar harus diberi perlindungan terkait dengan keterangannya yang sangat signifikan dan penting agar ia bisa membuka secara terang benderang kasus ini,” kata dia kepada wartawan saat dihubungi, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: Profil Kombes Irwan Anwar, Saksi di Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

Baca Juga: Polisi: Kasus Pemerasan oleh Pimpinan KPK Naik Sidik

1. Polda Metro harus jamin Irwan Anwar jadi whistleblower

ilustrasi Polda Metro Jaya. (IDN Times/Amir Faisol)

Menurut Sugeng, Polda Metro Jaya harus menjamin Kombes Pol Irwan Anwar dijadikan sebagai saksi pelapor atau whistleblower dalam kasus ini.

“Oleh karena itu, harus ada jaminan dari pihak Polda Metro Jaya bahwa Kombes Irwan Anwar ini dijadikan sebagai whistleblower,” kata dia.

Baca Juga: Polisi Didesak Bongkar Identitas Pimpinan KPK yang Diduga Peras Mentan

2. Kombes Irwan Anwar disebut jadi saksi kunci

Ketua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Sebelumnya, Sugeng mengatakan, Kombes Pol Irwan Anwar disebut menjadi saksi kunci dalam kasus dugaan pemerasan yang menyeret pimpinan KPK.

Keterangan Irwan Anwar, kata dia, sangat strategis dalam kasus ini, karena dapat menyeret pimpinan KPK. Keterangan Irwan juga bisa menjadi bumerang bagi dirinya.

“Dia bisa menjerat pimpinan KPK dengan keterangannya atau dia bisa kemudian menjadi martir menahan posisi nanti menjadi tersangka pada dirinya, oleh karena itu sangat strategis keterangan dari kombes Irwan Anwar,” kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya