TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketua KPK Perintahkan Pengusutan Bobby Nasution Gunakan Jet Pribadi

Foto Bobby naik private jet viral di medsos

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ungkap peran besar Jokowi untuk maju Pilgub Sumut 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menegaskan telah memerintahkan Direktorat LHKPN untuk mengusut penggunaan pesawat jet pribadi Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Hal itu ditegaskan Nawawi saat ditemui usai menggelar rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

"Saya baru meminta Direktur LHKPN untuk mengklarifikasi apa yang berlangsung (soal penggunaan pesawat jet pribadi Bobby Nasution)," kata Nawawi.

Lebih jauh, Nawawi menegaskan, KPK tak mau menyebut nama-nama tertentu terkait kasus ini. Dia menegaskan, siapa pun yang bersinggungan dengan isu pemberantasan korupsi akan menjadi atensi langsung oleh lembaganya.

"Saya tidak mau menyebut nama Pak untuk siapa pun bersinggungan isu pemberantasan korupsi itu menjadi atensi KPK," kata dia.

Kendati demikian, Nawawi menegaskan bahwa KPK tak menargetkan kapan akan memeriksa Bobby Nasution terkait penggunaan pesawat jet pribadi. KPK kata dia akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi KPK.

"Tidak ada target target ya kita bekerja sesuai apa yang menjadi tugas dan fungsi dari komisi," ujar dia.

Sebelumnya, sejumlah foto yang menampilkan Wali Kota Medan Bobby Nasution naik private jet viral di media sosial. Foto itu diunggah pemilik akun X atau Twitter MurtadhaOne1.

Pemilik akun menyebut foto itu diunggah pada Februari 2023. Lokasinya diduga di Lanud Suwondo, Medan, Sumatra Utara. Berdasarkan keterangan pemerhati penerbangan Alvin Lie yang membalas Tweet itu, pesawat itu merupakan Embraer Legacy 650 yang berusia sembilan tahun.

Data itu diambil dari informasi yang tertera dalam situs flightradar24. Dalam informasi yang tertera di situ flightradar24, pesawat itu bukan pesawat komersil. Pesawat itu teregistrasi di Kepulauan Kayman.

Baca Juga: Beredar Foto Diduga Bobby Nasution Naik Private Jet, KPK Akan Telaah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya