TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Muktamar PKB, Cak Imin Sowan ke Sesepuh NU di Jakarta

Muktamar PKB digelar dua hari di Bali

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui KH Syukron Makmun jelang Muktamar Bali. (IDN Times/Amir Faisol)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sowan ke Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Rahman KH Syukron Ma'mun, yang merupakan sesepuh Nahdatul Ulama (NU).

Cak Imin ingin meminta petunjuk dan arahan langsung dari KH Syukron Ma'mun untuk menghadapi Muktamar ke-6 PKB di Bali pada 24-25 Agustus 2024 mendatang. Ia pun meminta supaya KH Syukron Ma'mun memberikan nasihat kepada seluruh peserta Muktamar di Bali nanti.

"Kami sowan kepada beliau meminta nasihat arahan dan petunjuk untuk menghadapi muktamar PKB 24 Agustus di Bali. Kami juga memohon kepada beliau untuk memberikan nasihat langsung kepada peserta," kata Cak Imin saat ditemui di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

1. Laporkan kisruh PKB-PBNU

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui KH Syukron Makmun jelang Muktamar Bali. (IDN Times/Amir Faisol)

Cak Imin mengaku turut melaporkan kisruh yang terjadi antara PKB dan PBNU ke KH Syukron Makmun. Ia mengklaim, KH Syukron Makmun setuju bahwa PKB dan PBNU merupakan dua entitas berbeda. Dengan begitu, dia mengatakan, PBNU tidak boleh ikut campur terhadap PKB.

Wakil Ketua DPR RI itu menegaskan, PKB merupakan organisasi yang sah dengan berlandaskan pada undang-undang partai politik. 

Sedangkan, PBNU merupakan organisasi kemasyarakatan yang berlandaskan terhadap undang-undang ormas. Ia pun mengajak agar PBNU taat terhadap konstitusi. 

"Konsititusi ada 2, konstitusi UU Ormas dan konsititusi parpol. Kedua konstitusi Ad/Art masing-masing. Kami punya Ad/Art, anda punya Ad/Art. Mari kita saling hormati dan menghargai," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Singgung Panasnya PBNU dan PKB 

2. Cak Imin sebut PBNU nafsu mau rebut PKB

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui KH Syukron Makmun jelang Muktamar Bali. (IDN Times/Amir Faisol)

Cak Imin juga menyinggung soal adanya, segelintir orang di PBNU yang sangat bernafsu mau merebut PKB. Ia pun mengajak semua pihak yang ada di PBNU untuk taat terhadap konstitusi.

"Perlu saya sampaikan tegas, kita punya konstitusi. Mari kita gunakan hak konstitusi masing-masing. Pakai UU Parpol, pakai UU Ormas," kata dia.

"Saya minta kalau ada yang macam-macam, kembali ke konstitusi. Pakai undang-undang partai politik, pakai undang-undang ormas. Saya minta kalau ada yang macam macam kembali ke konstitusi," ucapnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya