TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gerindra: Ada Kementerian yang Dipisah dan Digabung di Kabinet Prabowo

Berharap pemerintahan Prabowo lebih fokus

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani sebut calon menteri Prabowo dari profesional bukan berarti non partai. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • Kementerian akan dipisah dan digabung di kabinet Prabowo-Gibran
  • Penambahan jumlah kementerian dari 34 menjadi 44 untuk fokus pada program pemerintahan
  • Nusron Wahid dan Viva Yoga Mauladi merupakan kandidat menteri dari Partai Golkar dan PAN

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap, bakal ada kementerian yang dipisah dan digabung di kabinet Prabowo-Gibran. Ia pun mengungkapkan, jumlah kementerian akan bertambah.

"Ada kementerian yang dipisah ada beberapa kementerian yang memang digabung," kata Muzani di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Kendati demikian, Muzani belum mengetahui secara detail pembahasan pos kementerian itu. Namun, ia memastikan sudah pembasahan terkait adanya penggabungan atau pemisahan kementerian di era Prabowo.

"Memang jumlah keseluruhan mungkin bertambah dari yang sekarang, jumlahnya berapa saya nggak tahu persis. Tapi penambahan atau pemisahan dari 1 kementerian semua sudah dibicarakan melalui kementerian," ujar Wakil Ketua MPR RI.

1. Program pemerintah diharapkan bisa lebih fokus

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan partainya resmi mengusung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi di Pilkada 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih jauh, Muzani juga menegaskan, bahwa penambahan pos kementerian ini program yang dijalankan pemerintah bisa lebih fokus. 

Muzani tak menampik ada kementerian yang tertinggal dan mengharuskan kementerian itu untuk dipisah.

"Harapan Pak Prabowo adalah menteri-menteri yang akan datang lebih fokus kepada penanganan program yang itu dilakukan dengan cara melakukan pemisahan dari kementerian-kementerian lain," kata dia. 

Baca Juga: Prabowo Titipkan Pesan Khusus Bagi Ridwan Kamil Jelang Pilkada Jakarta

2. Prabowo terbuka soal usulan kementerian

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurut dia, Prabowo tetap terbuka atas usulan terkait komposisi kementeriannya ke depan. Ia pun berharap pemerintahan yang akan datang dapat bekerja secara maksimal. 

"Ya semua pandangan dan pemikiran beliau dengar, beliau perhatikan, tapi sekali lagi beliau berkonsentrasi kepada upaya pelaksanaan program," tutur Muzani.

"Kalau itu bisa di-handle dari kementerian yang sudah ada pada prinsipnya beliau tidak keberatan, tapi kalau ternyata ada sektor, ada kemampuan yang lebih bisa maksimal lagi, beliau ingin itu bisa lebih maksimal," imbuhnya.

Baca Juga: Susunan Kabinet Diumumkan 20 Oktober saat Pelantikan Prabowo-Gibran

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya