TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

DPR dan Pemerintah Rapat Bahas PDNS 2 Surabaya, Budi Arie Absen

Kemenkominfo diwakilkan dua wakil menteri

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto rapat kerja bersama Komisi I DPR RI terkait PDNS 2 Surabaya. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • Komisi I DPR RI membahas evaluasi PDNS 2 Surabaya dan kebocoran data NPWP.
  • Menteri Kominfo tidak hadir, diwakilkan oleh Wamen Kominfo I Nezar Patria Wamen Kominfo II Angga Raka Putra.
  • Hadi Tjahjanto ungkap hasil audit terhadap PDNS 2 Surabaya yang diserang ransomware.

Jakarta, IDN Times - Komisi I DPR RI menggelar rapat kerja bersama pemerintah membahas hasil evaluasi terhadap pusat data nasional sementara (PDNS) 2 Surabaya hingga kebocoran data NPWP.

Rapat tersebut dipimpin Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto juga terlihat di ruang rapat.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi tidak hadir dalam rapat tersebut. Kementerian Kominfo diwakilkan Wamen Kominfo I Nezar Patria Wamen Kominfo II Angga Raka Putra.

Nezar menjelaskan, Budi Arie berhalangan hadir karena menghadiri dua acara internasional di Bali. Budi Arie mengumpulkan para pelaku start up dan para investor.

"Beliau ada dua event internasional yang nggak bisa diwakili di Denpasar (Bali)," ujar Nezar di Kompleks Parlemen, Senin (23/9/2024).

Pada kesempatan itu, Hadi Tjahjanto mengungkapkankan hasil audit terhadap PDNS 2 Surabaya yang sempat lumpuh diserang ransomware.

Hadi menyampaikan, pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan teknis yang relevan untuk memitigasi dampak serangan ransomware.

"Kita sampaikan progress perbaikan sistem dan recovery yang kita laksanakan bahwa proses dekripsi terhadap data PDNS 2 Surabaya telah selesai per 8 Agustus 2024. Kurang lebih satu bulan," kata dia.

Baca Juga: Sempat Lumpuh Diserang Ransomware PDNS 2 Surabaya Masih Dipakai

Baca Juga: Hadi Ungkap Hasil Audit PDNS 2 Surabaya Usai Lumpuh Imbas Ransomware

Baca Juga: Budi Arie Sidak ke Data Center PDNS 2 Tangsel, Cek Keamanan Siber

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya