TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dasco: Jumlah Kementerian Masih Disimulasikan, Final H-5 Pelantikan

Bocoran Bamsoet kabinet baru berisi 44 kursi kementerian

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad pastikan partainya tutup pintu dukungan ke Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, buka suara terkait jumlah kementerian di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurutnya, pihaknya masih mensimulasikan jumlah kementerian di kabinet baru nanti. 

Dasco menyampaikan, finalisasi jumlah kementerian di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran baru akan selesai H-7 atau H-5 pelantikan. 

Pernyataan ini sekaligus menjawab rumor bahwa jumlah kementerian di kabinet Prabowo-Gibran akan bertambah dari 34 menjadi 44 kursi. 

"Kita juga masih melakukan simulasi, mungkin nomenklatur maupun orang itu baru akan final h-7 atau h-5 atau kali mungkin begitu," kata Dasco di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

1. Nomenklatur kementerian belum bisa dipublikasikan

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Wakil Ketua DPR RI itu juga mengungkapkan pihaknya belum bisa mempublikasikan apakah akan ada beberapa kementerian yang akan dilebur atau dipisahkan.

Hal itu dikarenakan pihaknya masih melakukan simulasi jumlah kementerian di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Sebagai informasi, RUU Wantimpres memungkinkan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih untuk melebur atau memisahkan nomenklatur kementerian.

"Jadi begini, yang namanya penambahan, yang namanya pemisahan dan lain-lain belum bisa kita publikasi karena saat ini masih kita simulasikan," kata dia. 

"Apabila kemudian nanti ternyata kita sudah publis, selalu kemudian mengalami perubahan karena kan sekarang sedang dalam proses," tutur dia.

Baca Juga: Apa itu Zaken Kabinet? Ini Pengertian dan Sejarahnya di Indonesia

2. Bocoran Bamsoet: Jumlah menteri kabinet baru 44 kursi

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet (kiri) dan Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily (kanan) dalam jumpa pers Rapimnas dan Munas Partai Golkar. (IDN Times/Amir Faisol).

Sebelumnya politikus senior Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengungkapkan bahwa berdasarkan obrolan warung kopi jumlah kementerian di kabinet Prabowo akan diisi sebanyak 44 kursi.

Hal itu disampaikan Bamsoet saat membuka Turnamen Bulu Tangkis Piala Pimpinan DPR dan MPR di GOR DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

"Maksudnya, karena nanti kebijakan kementerian, dari (total) 34 (menteri) menjadi 44 (menteri),” kata Bamsoet.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya