TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banyak Calon Kepala Daerah Mundur, Gerindra: Prabowo-Jokowi Solid

Riza Patria mundur, Gusti Bhre di Solo juga mundur

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon bicara banyaknya bakal calon kepala daerah jelang pendaftaran di KPU. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • Banyak bakal calon kepala daerah mundur jelang Pilkada 2024, Fadli Zon angkat bicara
  • Mundurnya tak terkait intrik politik, tapi perhitungan politik yang tidak cocok atau dukungan partai kurang
  • Prabowo-Jokowi masih baik-baik saja, Gerindra dukungannya dialihkan ke Benyamin-Pilar di Tangerang Selatan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, angkat bicara mengenai bakal calon kepala daerah yang ramai-ramai mundur menjelang pendaftaran Pilkada 2024 di sejumlah daerah.

Mundurnya sejumlah bakal calon kepala daerah ini memunculkan persepsi di publik terkait keretakan hubungan antara Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

Namun Fadli Zon menepis hal tersebut. Dia mengatakan, banyaknya bakal calon kepala daerah yang mundur menjelang pendaftaran bukan terkait persoalan intrik politik. Menurutnya, bisa saja mereka mundur karena ada perhitungan politik yang tidak cocok atau formasinya tidak memungkinkan untuk maju di Pilkada 2024.

"Menurut saya sih biasa-biasa saja ya, namanya dinamika ada yang mungkin lihat pada saat-saat terakhir kemudian tidak masuk," kata dia, di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

"Hitungannya tidak cocok gitu ya, atau mungkin konstelasi, formasinya itu tidak memungkinkan artinya lebih baik mengambil keputusan yang lain, atau mungkin tidak mendapatkan dukungan yang dianggap cukup dari partai-partai yang ada," lanjut Fadli Zon.

Baca Juga: Isu Hubungan Jokowi-Prabowo Retak Dinilai Hanya Adu Domba

1. Gerindra pastikan hubungan Prabowo-Jokowi baik

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon bicara banyaknya bakal calon kepala daerah jelang pendaftaran di KPU. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih jauh, Fadli memastikan bahwa sejauh ini hubungan Prabowo dan Jokowi masih baik-baik saja. Dia mengatakan, Prabowo telah menegaskan bahwa hubungannya berjalan baik. 

"Pak Prabowo sama Pak Jokowi baik-baik aja semuanya. Kan Pak Prabowo kemarin juga mengatakan dalam pidato, nggak ada masalah," tutur dia.

Fadli Zon juga memastikan bahwa mundurnya sejumlah bakal calon kepala daerah menjelang detik-detik akhir pendaftaran Pilkada 2024 karena konfigurasi yang dirasa kurang cocok. 

"Iya, itu karena saya kira harus. Kasus per kasus gitu ya. Jadi ada yang lihat formasi, konfigurasi, mungkin dukungan dari partai-partai yang dianggap kurang atau alasan-alasan pribadi. Ini kan saya kira jumlahnya terlalu banyak ya, wajar kalau misalnya seperti itu," kata dia.

2. Riza Patria dan Marshel mundur di Pilwalkot Tangsel

Ketua DPD Gerindra Jakarta Riza Patria (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, sejumlah bakal calon kepala daerah mundur jelang pendaftaran. Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto mundur di Pilkada Tangerang Selatan, Banten. Dukungan Partai Gerindra pun dialihkan ke petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga.

"Gerindra dukungannya dialihkan ke Benyamin-Pilar," ujar Riza di KPU Provinsi DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Riza mengatakan, dirinya dan Marshel dapat tugas baru dari Gerindra. Namun, ia tak mengungkapkan tugas baru yang dimaksud.

"Itu nanti lah urusan DPP ya!" ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya