TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Cak Imin Tunjuk GenZ Pimpin Ketua Harian PKB

Jajaran pengurus harian berasal dari GenZ

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar menunjuk Ais Syafiah Asfar jadi ketua harian. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • PKB melakukan regenerasi dengan menunjuk pengurus harian dari Gen Z, seperti Ais Shafiyah Asfar, 23 tahun, sebagai Ketua Harian.
  • Partai berupaya merekrut anak muda dengan memberikan kewenangan tinggi dan bekerja secara sungguh-sungguh untuk rakyat dan partai.
  • Jajaran pengurus harian diberi kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan strategis dengan arahan Dewan Tanfidziah PKB.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkankan alasan penunjukan pengurus harian partai yang berasal dari kalangan generasi z. Ais Shafiyah Asfar didapuk menjadi Ketua Harian PKB. 

Ais merupakan Anggota DPRD Kota Surabaya Dapil I, yang merupakan calon doktor dari Universitas Airlangga Surabaya. Saat ini, ia masih berusia 23 tahun. 

Cak Imin mengatakan, regenerasi dalam sebuah organisasi mutlak dibutuhkan. Di sisi lain, spektrum pekerjaan PKB akan semakin luas.

"Tentu regenerasi itu mutlak dibutuhkan, sehingga bukan soal saya sibuk apa, bukan soal saya mau bagaimana, tapi memang spektrum pekerjaan PKB ini semakin luas, maka saya harus berbagi tugas dengan Ketua Haeian dalam berbagai bidang," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (18/9/2024). 

Baca Juga: Profil Ais Shafiyah, Eks Jubir PKB yang Ditunjuk Jadi Ketua Harian

1. PKB tak mau hanya asal tempel

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar menunjuk Ais Syafiah Asfar jadi ketua harian. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya berupaya merekrut anak-anak muda dengan memberikan kewenangan tinggi. 

Artinya, mereka yang berada di jajaran pengurus harian ini tidak hanya sekadar asal tempel, tetapi akan bekerja secara sungguh-sungguh dan bekerja secara langsung untuk rakyat dan partai.

"Ketua harian akan bekerja ya tentu secara harian untuk mengeksekusi, menjalankan apa yang menjadi kebijakan dari anak-anak muda dan dewan syuro dan tanfidz yang ada di PKB," kata dia. 

Baca Juga: Cak Imin Resmi Tunjuk Ais Shafiyah Asfar Jadi Ketua Harian PKB

2. Pengurus harian bisa mengambil kebijakan strategis

PKB buka peluang kaji ulang usulan DPW PKB DKI soal dukungan ke Anies Baswedan. (IDN Times/Amir Faisol)

Jazilul Fawaid menyebut, para pengurus harian ini akan diberi kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan-kebijakan strategis, dengan arahan Dewan Tanfidziah PKB. 

PKB sejak awal telah membudayakan sistem musyawarah dan mufakat yang jelas. Apapun keputusan yang akan diambil akan diputuskan melalui musyawarah dan mufakat. 

"Dari awal di PKB membudayakan musyawarah, yang jelas keputusan yang diambil secara musyawarah nanti eksekusinya dilakukan oleh anak-anak muda," kata dia. 

Baca Juga: Cak Imin Umumkan Daftar Fungsionaris DPP PKB Hasil Muktamar VI Bali

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya