TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tindak Lanjuti Keluhan Layanan Puskesmas, Mas Dhito Berikan Arahan Ini

Mas Dhito dorong Dinkes lakukan pengawasan dan perbaikan

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, melakukan rapat bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri. (Dok. Pemkab Kediri)

Jakarta, IDN Times -- Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri untuk mengawasi kinerja puskesmas yang ada di wilayahnya. Permintaan bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menyusul banyaknya laporan mengenai pelayanan yang ada di puskemas baik melalui aplikasi Halo Mas Bup maupun media sosial. 

Hal tersebut disampaikannya saat rapat bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri.

Baca Juga: Kediri Panen Mangga Podang, Mas Dhito Larang Petani Gunakan Booster

1. Kualitas prasarana fasilitas kesehatan seperti puskesmas harus selalu dijaga

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri untuk mengawasi kinerja puskesmas yang ada di wilayahnya. (Dok. Pemkab Kediri)

Mas Dhito menyatakan, sedianya Dinkes melakukan survei terkait pelayanan kesehatan masyarakat di 37 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Kediri. “Fungsi pelayanan tolong betul-betul diawasi,” katanya, Senin (16/10/2023).

Berdasarkan pertemuan itu, diketahui sebanyak 10 puskesmas saat ini sedang dilakukan rehabilitasi. Pasalnya, kondisi bangunan sudah masuk kategori tak layak. Rehabilitasi puskesmas itu sebagai upaya menjaga kualitas prasarana fasilitas kesehatan tingkat pertama. 

2. Selain itu, pelayanan yang ramah juga harus diperhatikan petugas puskesmas

Permintaan bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menyusul banyaknya laporan mengenai pelayanan yang ada di puskemas baik melalui aplikasi Halo Mas Bup maupun sosial media. (Dok. Pemkab Kediri)

Mas Dhito menekankan, selain fasilitas yang memadai itu, tak kalah penting pelayanan yang ramah harus diperhatikan petugas karena menjadi faktor yang memengaruhi masyarakat datang ke puskesmas.

Untuk itu, Mas Dhito meminta Dinkes supaya membuat semacam rapor setiap puskesmas. Hal ini ditujukan untuk melakukan evaluasi kinerja petugas di puskesmas. “Dinkes (harus) membuat laporan capaian terkait program di puskesmas untuk memastikan kinerja,” katanya menegaskan.

Baca Juga: Ketagihan Riding Vespa, Mas Dhito Ajak Bupati Trenggalek Riding Bareng

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya