TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Komitmen Hadirkan Layanan Prima di RS, BPJS Kesehatan Lakukan Ini

Kunjungan ke RS Stella Maris Makassar

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Stella Maris Makassar pada Senin (10/06/2024). (Dok. BPJS Kesehatan)

Jakarta, IDN Times -- Pelayanan yang diberikan fasilitas kesehatan terus menjadi fokus BPJS Kesehatan agar peserta JKN dapat merasakan pelayanan yang prima. Hal ini sejalan dengan komitmen BPJS Kesehatan untuk memastikan bahwa seluruh peserta JKN mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara.

Hal ini ditegaskan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Stella Maris Makassar pada Senin (10/06/2024).

1. BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan

Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan Banten, menjamin semua peserta yang datang ke kantor cabang untuk mengeklaim manfaat jaminan akan terlayani sepenuhnya. Hal ini menanggapi adanya pemberitaan terkait dengan sulitnya cairkan klaim JKM. (Dok. BPJAMSOSTEK)

Ghufron menyebut, BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan, termasuk di rumah sakit bagi peserta JKN. Berbagai upaya dilakukan melalui kegiatan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja rumah sakit hingga mengintegrasikan sistem pelayanan BPJS Kesehatan dengan rumah sakit.

"Digitalisasi layanan ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan mutu dan kemudahan akses pelayanan bagi peserta JKN. Dengan digitalisasi layanan, harapannya proses pelayanan peserta JKN di rumah sakit bisa menjadi mudah dan lebih cepat," kata Ghufron.

2. Penggunaan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan layanan antrean online

Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan Banten, menjamin semua peserta yang datang ke kantor cabang untuk mengeklaim manfaat jaminan akan terlayani sepenuhnya. Hal ini menanggapi adanya pemberitaan terkait dengan sulitnya cairkan klaim JKM. (Dok. BPJAMSOSTEK)

Ghufron menjelaskan, peserta JKN yang ingin mengakses pelayanan di rumah sakit sudah bisa memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan layanan antrean online. Menurutnya, layanan antrean online yang sudah terintegrasi dalam sistem di rumah sakit dapat memberikan dampak positif bagi peserta maupun rumah sakit. Menurutnya, dahulu antrean di fasilitas kesehatan bisa mencapai 6 jam, namun dengan adanya sistem antrean online, kini waktu tunggu dapat dipangkas menjadi 2,5 jam saja.

"Begitu juga di Rumah Sakit Stella Maris ini, layanan antrean online telah membawa dampak positif. Selain mengurangi antrean di rumah sakit, layanan tersebut telah memberikan percepatan pelayanan. Rata-rata waktu tunggu layanan antrean dari pendaftaran sampai masuk ke Poli bisa kurang dari 60 menit," kata Ghufron.

Dengan implementasi layanan antrean online, Rumah Sakit Stella Maris juga didaulat sebagai salah satu rumah sakit yang menjadi pilot project akselerasi Mobile JKN. Harapannya, Rumah Sakit Stella Maris bisa menjadi percontohan bagi rumah sakit lainnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN melalui penggunaan aplikasi mobile JKN.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya