Warga Sempat Adu Mulut usai Ridwan Kamil Sowan ke Bamus Betawi

Bamus Betawi beri penjelasan

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil bersilaturahmi dengan Bamus Betawi di Jatinegara, Jakarta Timur.
  • Anggota ormas Forum Betawi Rempug (FBR) cekcok dengan Ridwan Kamil, mempertanyakan asal-usul dan kedatangannya.

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Ridwan Kamil bersilaturahmi dengan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi di Jatinegara, Jakarta Timur pada Jumat (6/9/2024) malam.

Namun sejumlah warga yang mengaku berasal dari anggota ormas Forum Betawi Rempug (FBR) sempat cekcok saat Ridwan Kamil sudah berada di dalam Kantor Bamus Betawi. Mereka tiba-tiba berteriak saat Ridwan Kamil berdialog dengan Ketua Umum Bamus Betawi, Eki Pitung.

“Gue orang Betawi asli, Bamus nggak pernah izin kalau bikin acara apa-apa. Gue lahir di mari dari zaman kakek gue dulu,” teriak salah seorang yang adu mulut itu.

Mereka bahkan bertanya-tanya apakah Ridwan Kamil merupakan orang Betawi atau bukan.

“Dia orang Betawi bukan?” teriak lainnya.

Warga yang merupakan anggota FBR ini pun kemudian diajak berdialog oleh beberapa jajaran Bamus Betawi. Setelah percakapan yang cukup panas, mereka akhirnya pergi.

Sementara itu, Eki Pitung mengklarifikasi bahwa peristiwa adu mulut itu terjadi karena ada miskomunikasi. Pihaknya juga mengaku sudah memediasi para warga yang sempat adu mulut.

“Tadi setelah dimediasi ada kanit semua ya miskomunikasi, terkesan bahwa dengan anak wilayah tidak ada koordinasi,” kata dia.

Eki juga berasumsi bahwa beberapa orang yang sempat adu mulut, itu bagian dari keluarga besar Bamus Betawi. 

"Jadi tadi sebenarnya bukan enggak ada koordinasi, kita udah nganggap keluarga gitu dan melihat masalah, akhirnya kita saling membuka persoalan, oh itu ada titik temunya," kata dia. 

Meski begitu, dia mengakui bahwa adu mulut tersebut bukan berarti masyarakat Betawi menolak Ridwan Kamil di Jakarta. 

"Rasanya nggak ke situ. Bang RK sejak awal setelah pendaftaran memang sudah niat mau datang ke Bamus Betawi, cuma mungkin ditarik relawan dan parpol untuk hadir jadi molor waktunya," tutur dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Terima Disoraki di Acara Mbah Priok

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya