Utut Ungkap Suasana Kebatinan PDIP Usai Maruarar Sirait Mundur

PDIP diklaim paling banyak melakukan konsolidasi

Jakarta, IDN Times - Wasekjen PDI Perjuangan (PDIP), Utut Adianto, mengungkapkan situasi kebatinan yang terjadi di partainya pascakeluarnya politikus senior Maruarar Sirait atau Ara. Ara diketahui lebih memilih untuk mengikuti langkah Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Utut mengatakan, konsolidasi di internal partai banyak dilakukan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Salah satunya adalah kegiatan Bulan Bung Karno yang digelar besar-besaran di Stadion Glora Bung Karno (GBK) yang merupakan bagian dari upaya konsolidasi partai. 

"Kemarin juga baru merayakan HUT. Semua jenjang sudah kita arahkan, setiap jenjang ada tahapan dan tikungan-tikungan dan tikungannya makin ke sini makin tajam," kata dia saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024). 

Utut lantas menganalogikan Pilpres 2024 seperti balap mobil Formula 1 yang sudah masuk ke lapangan terakhir sehingga untuk menentukan kemenangan hanya dapat dipengaruhi oleh kemahiran strategi. 

"Karena ini kan balap mobil Formula 1 lapangan-lapangan terakhir membuat orang menang atau tidak itu keteguhan hati dan kemahiran memainkan strategi," kata dia.

Baca Juga: Profil Maruarar Sirait, Keluar dari PDIP Pilih Ikut Jalan Jokowi

1. PDIP all out menangkan Ganjar-Mahfud

Utut Ungkap Suasana Kebatinan PDIP Usai Maruarar Sirait MundurWasekjen PDIP Utut Adianto mengungkapkan suasana kebatinan PDIP paska pengunduran diri Maruarar Sirait. (IDN Times/Amir Faisol)

Utut juga membantah PDIP kurang maksimal untuk memenangkan pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Setelah Megawati mendeklarasikan Ganjar sebagai capres PDIP pada 21 Juni 2023, maka secara otomatis seluruh mesin partai bekerja untuk memenangkannya. Sebab, kata dia, internal PDIP menganut demokrasi terpimpin, yaitu patuh terhadap ketua umum partai. 

"Semenjak dideklarasikan hari Jumat, 21 April tahun lalu, itu sudah otomatis karena kami di demokrasi terpimpin, dipimpin oleh Bu Mega," kata dia.

Baca Juga: Ikuti Langkah Ara, Seratusan Kader PDIP Majalengka Pamit 

2. Utut ungkap kekuatan Ganjar-Mahfud

Utut Ungkap Suasana Kebatinan PDIP Usai Maruarar Sirait MundurCapres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (IDN Times/Istimewa)

Utut juga mengungkapkan, kekuatan pasangan Ganjar-Mahfud untuk menghadapi Pemilu 2024. Menurut dia, salah satu kekuatannya adalah keberadaan Fraksi PDIP DPR RI yang memiliki jumlah kursi terbesar di parlemen yang mencapai 128. 

Tidak hanya itu, Fraksi PDIP juga merupakan fraksi yang mewakili daerah pemilihan paling banyak di Indonesia yaitu mencapai 74 dapil dari total 80. Itu semua merupakan faktor lain yang dapat memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud. 

"Kekuatan Mas Ganjar dan Pak Mahfud kalau menurut hemat saya antara lain dan terutama dari fraksi PDI Perjuangan DPR RI. Kita ada dari 128 anggota, kita dari 80 dapil ada di 74 dapil," kata dia.

Baca Juga: Maruarar Sirait Undur Diri, Puan: Terima Kasih Sudah Bergabung PDIP

3. Maruarar Sirait keluar PDIP untuk mengikuti Jokowi

Utut Ungkap Suasana Kebatinan PDIP Usai Maruarar Sirait MundurPolitikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Maruarar Sirait pamit dari partainya (IDN Times/Lia Hutasoit)

Diketahui, Ara pamit sekaligus menyampaikam permohonan maaf kepada teman-teman seperjuangannya di PDI Perjuangan. Ia juga mengapresiasi kepada kader-kader lain yang masih setia untuk berada di belakang barisan partai.

"Saya mohon maaf, saya mengajarkan kalian untuk loyal tetap bersama PDIP, tetapi izinkanlah dengan keterbatasan, saya pamit," katanya.

Ara menyampaikan hal itu usai bertemu dengan Utut Adianto di Kantor DPP PDIP, Senin (15/1/2024). Dia berharap agar PDIP bisa mendapatkan kader yang lebih baik dan loyal.

"Semoga PDIP mendapatkan kader yang lebih baik, lebih loyal, lebih profesional, dan lebih berkualitas dari saya. Mohon pamit, merdeka!" ujarnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Maruarar Sirait Undur Diri, Puan: Terima Kasih Sudah Bergabung PDIP

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya