Suswono Janji Bakal Tambah Biaya Operasional Tempat Ibadah di Jakarta

Minimal sama dengan era Anies

Intinya Sih...

  • Suswono bertemu HNW di Gedung MPR terkait aspirasi DMI terkait biaya operasional tempat ibadah.
  • Suswono berjanji akan menambah BOTI jika terpilih bersama Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta 2024, Suswono, menemui Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) di Gedung MPR, Kompleks Parlemen, Jakarta. 

Pada kesempatan itu, Suswono mendapatkan aspirasi dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang pada saat bersamaan juga bertemu HNW. 

Dia mengatakan, DMI menyampaikan aspirasi terkait biaya bantuan operasional tempat ibadah (BOTI). Suswono pun berjanji akan menambah BOTI ketika nanti terpilih bersama Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Dia mengatakan, bantuan operasional tempat ibadah itu sempat mengalami penurunan di masa kepemimpinan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Soal BOTI, bantuan operasional tempat ibadah yang konon katanya sekarang dipangkas ya oleh Plt (Heru Budi Hartono)," kata Suswono di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Ini Tiga Calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta Pengganti Heru Budi

1. Bakal kembalikan bantuan tempat ibadah ke angka semula

Suswono Janji Bakal Tambah Biaya Operasional Tempat Ibadah di JakartaCalon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Suswono (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Suswono mengatakan, pihaknya akan mengkaji apa penyebab pemangkasan biaya operasional itu di kepemimpinan Heru Budi Hartono.

Menurut dia, kalau secara pendanaan memungkinkan untuk dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, maka pihaknya bertekad untuk mengembalikan bantuan itu minimal sama dengan sebelumnya.

"Artinya kalau secara pendanaan memungkinkan, ya, kenapa tidak? Setidak-tidaknya, maka kami RIDO akan mengembalikan BOTI itu minimal sama," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Resmi Umumkan Ahmad Riza Patria Jadi Ketua Timses RIDO

2. Belum sebutkan nominal

Suswono Janji Bakal Tambah Biaya Operasional Tempat Ibadah di JakartaBakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur, Suswono di RSUD Tarakan, Jakarta Barat. (IDN Times/Santi Dewi)

Kendati demikian, Suswono belum mau bicara berapa nominal bantuan yang akan digelontorkan untuk program BOTI. Minimal, kata dia, bantuan itu akan disamakan seperti saat era Anies Baswedan.

"Intinya yang sudah pernah diberikan oleh mantan gubernur, ya, Pak Anies waktu itu didukung juga oleh PKS kan. Karena PKS yang istilahnya mendukung program itu," kata dia.

Suswono cukup percaya diri mengingat Ketua DPRD DKI Jakarta nanti akan dipimpin oleh PKS sehingga bisa memudahkan untuk meloloskan program ini. 

"Pasti dan nanti ketua DPRD-nya tentu dari PKS, mudah-mudahan akan lebih mudah tentu saja koordinasinya," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan 70 Gagasan, Sebagian dari Program Eks Gubernur

3. Syukur-syukur bisa bertambah

Suswono Janji Bakal Tambah Biaya Operasional Tempat Ibadah di JakartaCalon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Suswono (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Suswono mengatakan, pihaknya akan bertekad untuk mengembalikan program itu ke semula. Dia juga berharap ada kenaikan bila pendanaan melalui APBD memungkinkan.

"Sekali lagi kalau secara pendanaan memungkinkan apa yang sudah diberikan saat ini maka akan dikembalikan yang sudah di markas tadi dan syukur-syukur tadi jika kemungkinan kan kita akan menambahnya," kata dia.

Baca Juga: Rencana Temui Anies, Suswono: Ridwan Kamil Sudah Kirim WA

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya