Surya Paloh Berencana Temui Megawati Bahas Hak Angket DPR

Surya Paloh tidak merinci kapan pertemuan tersebut

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berencana bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, komunikasi bersama Megawati bukan hanya ditunggu kalangan elite partai politik, tetapi sebagian besar masyarakat di negeri ini.

Surya Paloh tidak merinci kapan pertemuan tersebut akan berlangsung. Namun, ia memastikan pertemuan tersebut bakal berlangsung dalam waktu yang tidak lama lagi.

"Saya pikir mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi. Mudah-mudahan. Barangkali apakah Mbak Mega sudah barangkali mempunyai waktu, pikiran, kondisi yang tepat, itu terserah Mbak Mega aja," kata Surya Paloh, usai rapat bersama Koalisi Perubahan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Wacana hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024 pertama kali diusulkan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, dan bukan menjadi suara PDIP secara utuh.

Surya Paloh mengatakan pertemuan bersama Megawati tidak menutup kemungkinan menindaklanjuti wacana hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024, yang akan digulirkan di parlemen.

DPR RI memiliki hak keistimewaan untuk menggulirkan hak angket untuk menyelidiki kasus-kasus tertentu. Surya Paloh mengatakan sangat disayangkan hak keistimewaan DPR RI tersebut tidak digunakan secara maksimal, meskipun ide ini muncul dari Ganjar bukan dari partai.

"Jangankan Mas Ganjar yang calon presiden, kamu sebagai reporter sebagai jurnalis menggagas itu hak konstitusional yang ada di negeri kita ini. The idea itu yang paling penting bagi kita," kata Surya Paloh.

"Kemudian itu masuk gak dalam common sense kita, saya pikir hak hak konstutisional itu jalan yang mau kita tempuh. Sayang sekali kalau itu diabaikan. Sayang 1.000 kali sayang," imbuhnya.

Sebelumnya, tiga partai politik pengusung Anies-Muhaimin, yakni Partai NasDem, PKB, dan PKS siap mengikuti PDIP menggulirkan hak angket di DPR RI untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan, Koalisi Perubahan memiliki semangat yang sama dengan PDIP dan capresnya, Ganjar Pranowo sebagai inisiator hak angket.

Hal tersebut disampaikan Hermawi Taslim saat ditemui usai rapat bersama Sekjen PKB dan PKS membahas keputusan hak angket, di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).

"Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, tiga partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang paling dinyatakan oleh Pak Anies kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan hak angket," kata Hermawi.

Baca Juga: 3 Parpol Koalisi Perubahan Siap Gulirkan Hak Angket Bersama PDIP

Topik:

  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya