Survei Indikator: Ridwan Kamil Menang Telak di Pilkada Jabar

Ridwan Kamil memang di berbagai simulasi

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei peta elektoral di daerah Jawa Barat. Nama Ridwan Kamil masih paling unggul. 

Meski ada sosok Dedi Mulyadi yang memiliki elektabilitas cukup tinggi, namun belum ada nama yang secara elektoral mampu mengalahkan Ridwan Kamil.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan, Ridwan Kamil menang telak dari nama-nama lain yang masuk dalam survei tersebut. 

"Dukungan pada Ridwan Kamil sebagai petahana saat ini karena mayoritas warga Jawa Barat puas atau sangat puas dengan kinerjanya sebagai gubernur, angkanya 87,4 persen,” ungkap Burhanuddin, dalam keterangan, di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

1. Masyarakat Jabar masih ingin dipimpin Ridwan Kamil

Survei Indikator: Ridwan Kamil Menang Telak di Pilkada JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Tata Firza)

Burhanuddin mengatakan, survei tersebut selaras dengan alasan masyarakat Jawa Barat yang masih mau memilih Ridwan Kamil untuk kembali menjadi gubernur di periode kedua.

Menurut dia, dari 1.214 responden yang dipilih melalui metode double sampling, hampir 20 persen menjatuhkan pilihan kepada Ridwan Kami. 

"Masyarakat Jawa Barat menilai kerja-kerja Ridwan Kamil berhasil. Kemudian berpengalaman di pemerintah juga menjadi kekuatan Ridwan Kamil karena dianggap sukses. Overall Ridwan Kamil dipersepsikan sukses sebagai gubernur Jawa Barat di periode yang lalu,” kata Burhanuddin.

Baca Juga: Tak Dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024, PKB Tunggu Sandiaga

2. Ridwan Kamil unggul dalam berbagai simulasi

Survei Indikator: Ridwan Kamil Menang Telak di Pilkada JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Tata Firza)

Burhanuddin mengatakan, elektabilitas Ridwan Kamil unggul dalam berbagai top of mind simulasi, di antaranya simulasi 26 nama, simulasi 12 nama, simulasi 6 nama, sampai simulasi 3 nama.

Untuk simulasi 26 nama, elektabilitas Ridwan Kamil berada pada angka 36,8 persen, simulasi 12 nama 44,5 persen, simulasi 6 nama 45,6 persen, dan simulasi 3 nama 56,3 persen. 

Demikian pula saat diadu head to head antara Ridwan Kamil dengan Dedi Mulyadi, elektabilitasnya tetap paling unggul. Dalam simulasi tersebut, elektabilitas Kang Emil mencapai 55,1 persen. 

Sementara elektabilitas Dedi Mulyadi berada di bawah Kang Emil dengan angka 38 persen. Dalam simulasi pasangan gubernur dan wakil gubernur, dipasangkan dengan siapa pun Ridwan Kamil tetap menjadi pemenang pilkada Jawa Barat.

3. Ridwan Kamil lebih berpeluang menang di Jabar ketimbang di Jakarta

Survei Indikator: Ridwan Kamil Menang Telak di Pilkada JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Tata Firza)

Burhanuddin mengatakan Ridwan Kamil memiliki peluang menang yang sangat tinggi di Jawa Barat bila dibandingkan dengan Jakarta. Pasalnya, Ridwan Kamil merupakan petahana untuk wilayah Jawa Barat dengan approval rating mencapai 87,4 persen.

"Saya harus mengakui secara terus terang bahwa Ridwan Kamil peluangnya untuk unggul itu lebih besar di Jawa Barat ketimbang di Jakarta. Karena di Jawa Barat Kang Ridwan posisinya sebagai tanda kutip petahana yang memiliki approval rating sangat tinggi 87,4 persen," kata dia.

Survei Indikator Politik Indonesia dilaksanakan medio 20 - 27 Juni 2024, dengan 1.214 responden yang dipilih melalui metode double sampling. Adapun, margin of error lebih kurang 2,8 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Baca Juga: Golkar Ingin Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar, Yakin Menang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya