Sufmi Dasco: Wakil Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar dari Golkar 

Golkar tarik Ridwan Kamil ke Jakarta

Intinya Sih...

  • Golkar akan menarik Ridwan Kamil ke Jakarta sebagai calon kepala daerah di Pilkada DKI 2024.
  • Partai Golkar mendukung Dedi Mulyadi sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Barat 2024.

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, pasangan Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Jabar) berasal dari Partai Golkar. Menurut dia, sosok tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

"Pasangan Demul dari Golkar. Namanya sehari dua hari lagi juga (disampaikan)," kata Dasco, di Gedung DPR RI, Kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024). 

Baca Juga: Ini Alasan Golkar Dukung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar 2024

1. Airlangga pastikan Golkar dukung Dedi Mulyadi

Sufmi Dasco: Wakil Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar dari Golkar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (IDN Times/Triyan)

Sebelumnya, Partai Golkar menyatakan dukungannya terhadap Dedi Mulyadi sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Barat 2024.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, DPD Provinsi Jawa Barat sudah menggelar pertemuan dengan Dedi Mulyadi.

"Perkembangannya tadi di pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPP Partai Golkar dan DPD Partai Gerindra. Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga, antara lain Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar. Jadi, pembicaraan kami sudah sampai ke arah sana," ujar Airlangga.

Baca Juga: Sinyal Golkar Dukung Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Begini Respons PDIP

2. Golkar akui kantongi wakil Dedi Mulyadi

Sufmi Dasco: Wakil Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar dari Golkar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily, mengungkapkan, nama pendamping Dedi Mulyadi sudah dikantongi Airlangga Hartarto.

Golkar, kata dia, memiliki banyak kader potensial untuk maju di Pilkada Jabar. Sosok pendamping Dedi Mulyadi dipastikan memiliki rekam jejak memimpin pemerintahan dan berprestasi.

"Partai Golkar punya stok kader yang dipersiapkan jadi calon wakil gubernur yang akan mendampingi Pak Dedi Mulyadi dalam Pilkada Jawa barat," ujar Ace.

Baca Juga: Golkar Dukung Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Ridwan Kamil ke Jakarta

3. KIM Plus usung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta

Sufmi Dasco: Wakil Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar dari Golkar Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad pastikan partainya tutup pintu dukungan ke Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Dasco menegaskan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sudah menentukan pilihan calon kepala daerah di Pilkada DKI Jakarta 2024. Dasco mengatakan, sejumlah partai politik di dalam koalisi sepakat mendukung eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Ya, insya Allah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Dalam waktu dekat, KIM Plus akan melakukan sinkronisasi untuk membahas strategi pemenangan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta.

"Sehari-dua hari dalam rangka bukan (deklarasi) kita melakukan sinkronisasi dengan partai KIM dan Plus-nya," ujar dia.

KIM Plus merupakan gabungan partai politik yang telah memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Mereka adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, Prima, Gelora, dan PBB.

Saat ditanya apakah Partai NasDem dan PKS bakal bergabung ke koalisi, Dasco tak membantah. Kepastian partai politik lain yang bergabung dapat terlihat saat sinkronisasi.

"Ya nanti sehari dua hari ketauan kan asal sinkronisasinya," ujar dia.

Baca Juga: Dasco: KIM Plus Usung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya