Sudirman Said Siap Dicalonkan Maju Pilkada Jakarta 2024

Mulai komunikasi dengan sejumlah parpol

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Energi dan Sumberaya Mineral Sudirman Said menegaskan siap untuk dicalonkan maju dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Ketua Umum Konfederasi Nasinal Relawan Anies (KoRean) Muhammad Ramli Rahim menjelaskan, pernyataan itu disampaikan langsung oleh Sudirman Said saat ditemui di kediamannya, di Kompleks Kowilham Cilangkap, Jakarta.

“Pernyataan kesediaan tersebut kembali ditegaskan Sudirman Said saat ngopi-ngopi bareng para pentolan gerakan perubahan di Twin House Cipete,” kata Ramli Rahim, di Jakarta, Minggu (12/5/2024).

1. Sejumlah parpol sudah komunikasi intensif

Sudirman Said Siap Dicalonkan Maju Pilkada Jakarta 2024Sudirman Said (IDN Times/Aryodamar

Ramli mengatakan, saat ini sejumlah partai politik sudah menjalin komunikasi secara intensif dengan Sudirman Said. Dia mengatakan komunikasi juga terbangun bukan hanya dengan parpol di koalisi perubahan, tapi juga di luar koalisi perubahan.

Kendati, dia belum mau mengumumkan parpol mana saja yang sudah mendekati Sudirman Said untuk pencalonannya pada Pilkada Jakarta 2024.

“Nanti pada waktunya akan diumumkan parpol mana saja yang akan jadi parpol pengusung tapi setidaknya hampir bisa dipastikan akan memenuhi syarat untuk diusung di Pilgub DKJ,” kata dia.

Baca Juga: Empat Calon Independen Pilgub DKI Dapat Akses SILON, Siapa Saja? 

2. Sudirman Said maju bersama Abdullah Mansuri

Sudirman Said Siap Dicalonkan Maju Pilkada Jakarta 2024Ketua Pelaksana Harian di Timnas AMIN, Sudirman Said di rumah relawan Brawijaya X, Jakarta Selatan. (IDN Times/Santi Dewi)

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Bidang Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Dody Wijaya menyatakan, pihaknya telah menerima Sudirman Said yang akan mendaftar sebagai Calon Gubernur Jakarta 2024 dari jalur perseorangan.

“Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," ujar dia, di Jakarta, Jumat, 10 Mei 2024 lalu.

Doddy mengatakan, Sudirman Said maju bersama wakilnya, Abdullah Mansuri, sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta jalur perseorangan. 

"Pak Sudirman Said berpasangan dengan Pak Abdullah Mansuri," imbuhnya.

Baca Juga: Sudirman Said, Tim Pemenangan Anies, Maju Pilkada Jakarta

3. Sudirman Said sudah minta akses SILON

Sudirman Said Siap Dicalonkan Maju Pilkada Jakarta 2024Ketua Pelaksana Harian Timnas AMIN, Sudirman Said di rumah relawan Brawijaya X, Jakarta Selatan pada Senin, 19 Februari 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Doddy menerangkan, Sudirman dan timnya sudah meminta akses Sistem Informasi Pencalonan (SILON) untuk Pilkada Jakarta kepada KPU. Sudirman harus memenuhi persyaratan lewat aplikasi SILON.

"Kami menunggu sampai dengan batas akhir, yaitu hari Minggu 12 Mei pukul 23.59 WIB," kata Doddy.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya