Sekjen PKB Ingin Anies Didukung Banyak Parpol di DKI, Bukan Hanya PKS

PKS masih kukuh dorong pasangan Anies-Sohibul di Pilkada DKI

Intinya Sih...

  • PKB masih membuka pintu untuk membangun koalisi demi mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.
  • Pilkada Jakarta masih dinamis dan pendamping Anies harus digodok bersama partai politik mitra koalisi.
  • PKS mendorong Sohibul Iman sebagai Cawagub Jakarta 2024, namun tidak masalah jika PKB mengambil Anies Baswedan sebagai kader.

Jakarta, IDN Times - Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid (Cak Udin) mengatakan, partainya masih membuka pintu untuk membangun koalisi demi mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Ia mengatakan, PKB berkeinginan ada banyak partai politik yang mau mengusung Anies. 

Cak Udin mengatakan, Pilkada Jakarta ini masih sangat dinamis dan masih ada ruang bebas untuk membicarakan siapa pendamping Anies, sehingga tak bisa diputuskan oleh satu pihak saja.

"Kalau PKB masih terbuka kemungkinan karena kami mau mengajak banyak pihak untuk mendukung Anies," kata Cak Udin ditemui di Gedung DPR RI, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Puan Tersenyum Ditanya Duet Anies-Andika di Pilkada DKI: Menarik!

1. PKB sebut pasangan Anies masih tunggu kesepakatan koalisi

Sekjen PKB Ingin Anies Didukung Banyak Parpol di DKI, Bukan Hanya PKSAnies Baswedan sambangi markas Pemuda Pancasila DKI Jakarta (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Cak Udin, semua partai memang pasti memiliki keinginan untuk mengusung satu paket gubenur dan wakil gubernurnya sebagaimana yang dilakukan oleh PKS sekarang.

Hanya saja, dia menilai, pendamping Anies masih harus digodok bersama-sama dengan partai politik mitra koalisi yang tergabung.

"Kan semua partai pasti akan sepasang kalau masalah pasangan mas Anies pasangannya siapa kita lihat nanti, sampai semua para pendukung Anies punya kesepakatan," kata dia.

2. PKS kukuh ingin Sohibul Iman dampingi Anies

Sekjen PKB Ingin Anies Didukung Banyak Parpol di DKI, Bukan Hanya PKSWakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid menyampaikan, MPR mewacanakan untuk bentuk Badan Kehormatan MPR. (IDN Times/Amir Faisol)

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid alias HNW, masih kukuh untuk mendorong Sohibul Iman sebagai Cawagub Jakarta 2024. HNW juga tak masalah bila PKB mau mengambil Anies Baswedan sebagai kader.

HNW menilai, langkah ini bisa menjadi solusi terbaik bagi kedua partai untuk Pilkada Jakarta 2024, karena Anies bisa mewakili kelompok Islam modern, sementara Sohibul Iman bisa mewakili kelompok Islam tradisional. 

"PKB ambil Pak Anies, jadilah ini bentuk pluralitas dari PKB. Dan kalau itu yang dilakukan ya win-win solution, jadi kawan-kawan itu, bahkan bukan hanya dapat calon wakil gubernur, mereka bahkan dapat calon gubernur," kata HNW.

3. HNW klaim PKS sudah komunikasi ke semua partai sebelum usung Anies-Sohibul

Sekjen PKB Ingin Anies Didukung Banyak Parpol di DKI, Bukan Hanya PKSAnies Baswedan dan Sohibul Iman (ANTARA FOTOIDN Times/Amir Faisol)

HNW mengklaim, keputusan untuk menduetkan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta itu sejatinya juga telah dikomunikasikan dengan pimpinan partai lain. Karena itu, PKS menginginkan agar Anies-Sohibul tetap bisa melangkah dengan mulus untuk Pilkada Jakarta 2024 mendatang. 

"Jadi bagi kami, ini adalah dinamika yang masih berjalan tetapi PKS sudah memutuskan dan keputusannya itu satu hal yang sudah dikomunikasikan dengan sangat baik, juga dengan pimpinan partai yang lain," kata dia.

"Tentu akan kemudian memungkinkan kami berlayar melanjutkan pencalonan Anies-Sohibul Iman," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya