Ridwan Kamil Saingi Anies dan Ahok di DKI, Airlangga: Kita Dongkrak!

Anies puncaki survei Litbang Kompas

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil mendominasi survei elektabilitas di Jawa Barat dengan angka 52 persen.
  • Elektabilitas Anies Baswedan tertinggi di survei Pilkada DKI Jakarta 2024, mencapai 29,8 persen.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, masih percaya diri elektabikitas Ridwan Kamil bisa terdongkrak di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Airlangga mengatakan, Golkar sudah memberi tugas kepada Ridwan Kamil untuk bersiap bertarung dalam pilkada di Jakarta atau Jawa Barat. Surat tugas itu sudah lama diberikan kepada pria yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut. 

"Kan (Partai Golkar) sudah memberikan pesan kepada RK untuk di Jakarta atau di Jabar,” kata Airlangga di Jakarta, dikutip Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: Golkar Sebut Ridwan Kamil Lebih Kuat untuk Pilkada Jabar

1. Akui elektabilitas Ridwan Kamil di Jabar tak tertandingi

Ridwan Kamil Saingi Anies dan Ahok di DKI, Airlangga: Kita Dongkrak!Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (IDN Times/Triyan)

Airlangga menegaskan, Ridwan Kamil memang mendominasi hasil survei beberapa lembaga untuk Pilkada Jawa Barat 2024. 

Elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat sangat tinggi, angkanya mencapai 52 persen. Beberapa lembaga survei seperti Indikator Politik Indonesia dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sudah merilis hasil survei terbaru untuk Pilkada Jawa Barat.

Sementara, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil berada dalam jajaran tiga besar, yaitu 8,5 persen bersaing dengan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

"Tentu di Jabar suaranya sudah lebih dari 52 persen, tetapi kami minta yang 8 persen itu dinaikan. Karena partai akan memutuskan apabila (hasil survei) sudah per level dengan calon-calon yang lain,” kata Airlangga.

Namun, Airlangga menegaskan, Ridwan Kamil sebetulnya masih punya waktu yang cukup untuk mendongkrak elektabilitasnya baik di Jakarta maupun Jawa Barat.

"Masih ada waktu satu bulan untuk bekerja keras. Ya tentu dua-duanya (elektabilitas di Jawa Barat dan Jakarta) harus kita dongkrak dulu," kata dia.

Baca Juga: Golkar Prioritaskan Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng 2024

2. Anies puncaki survei Litbang Kompas

Ridwan Kamil Saingi Anies dan Ahok di DKI, Airlangga: Kita Dongkrak!Anies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas sejumlah nama yang diisukan akan maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Hasilnya, Anies Baswedan menjadi yang tertinggi dengan 29,8 persen.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menempati urutan pertama, disusul mantan Gubernur DKI Jakarta lainnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Adapun mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berada di urutan ketiga, disusul Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Berikut hasil survei elektabilitas sejumlah nama di DKI Jakarta:

- Anies Baswedan: 29,8 persen

- Basuki Tjahaja Purnama: 20 persen

- Ridwan Kamil: 8,5 persen

- Erick Thohir: 2,3 persen

- Sri Mulyani: 1,3 persen

- Tri Rismaharini: 1 persen

- Heru Budi Hartono: 1 persen

- Kaesang Pangarep: 1 persen

- Andika Perkasa: 1 persen

- Lainnya: 4,3 persen

- Tidak tahu/tidak jawab: 30 persen.

Baca Juga: Rano Karno Dinilai Bisa Bantu Anies Menang di Pilkada DKI Jakarta 

3. Anies berpotensi dipilih lebih banyak

Ridwan Kamil Saingi Anies dan Ahok di DKI, Airlangga: Kita Dongkrak!Anies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Dalam jajak pendapat itu, Litbang Kompas turut menanyakan kepada responden mengenai siapa yang berpotensi dipilih pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Hasilnya, Anies Baswedan juga unggul.

- Anies Baswedan: 39 persen

- Basuki Tjahaja Purnama: 34,5 persen

- Ridwan Kamil: 24 persen

- Erick Thohir: 16 persen

- Sri Mulyani: 10,3 persen

- Kaesang Pangarep: 9,8 persen

- Andika Perkasa: 7,8 persen

- Tri Rismaharini: 6,5 persen

- Heru Budi Hartono: 2,8 persen.

Litbang Kompas melakukan survei pada 15-20 Juni 2024 dengan melibatkan 400 responden secara acak di DKI Jakarta. Metode yang digunakan yakni pencuplikan sistematis bertingkat.

Tingkat kepercayaan pada survei tersebut sekitar 95 persen dan margin of error sekitar 4,9 persen. Survei tersebut sepenuhnya dibiayai PT Kompas Media Nusantara.

Baca Juga: PKB: Anies Tak Ada Lawan di Pilkada Jakarta 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya