Ridwan Kamil Mau Teruskan Konsep TOD Ala Anies Baswedan

TOD menjadi program yang dibanggakan Anies

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil akan melanjutkan konsep Transit Oriented Development (TOD) Anies Baswedan untuk membangun perumahan di kawasan perkotaan Jakarta.
  • Kurangnya perumahan vertikal di tengah kota membuat masyarakat bermigrasi ke daerah pinggiran, menyebabkan kemacetan dan polusi.
  • Ridwan Kamil berencana mencari lahan baru di Jakarta untuk pembangunan perumahan vertikal dekat stasiun kereta api dan pasar, serta mendapat wejangan dari Jusuf Kalla untuk membereskan kawasan kumuh.

Jakarta, IDN Times - Bakal Gubernur DKI Jakarta 2024, Ridwan Kamil, bakal melanjutkan konsep Transit Oriented Development (TOD), yang pernah dicetuskan di masa pemerintahan Anies Baswedan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026, untuk membangun perumahan di kawasan perkotaan di Jakarta. TOD, menurut Ridwan Kamil, jadi solusi buat masyarakat Jakarta atas kebutuhan lahan.

Belakangan, memang banyak masyarakat di kota yang harus bermigrasi ke daerah pinggiran karena kurangnya perumahan vertikal. Fenomena ini kemudian berdampak terhadap kemacetan dan polusi di Jakarta.

Karena itu, Ridwan Kamil bertekad untuk mencari lahan-lahan baru di Jakarta untuk mengembangkan perumahan vertikal. Dia juga berencana untuk memasifkan pembangunan perumahan vertikal di dekat stasiun kereta api hingga pasar sehingga dapat tercipta pembangunan yang berorientasi transit (TOD).

"Ya, kuncinya adalah karena kurangnya perumahan vertikal di daerah-daerah tengah kota kan, maka kawan-kawan kan bergeser ke samping-samping. Itu yang bikin macet, polusi dan seterusnya," kata Ridwan Kamil di Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024).

"Tapi, di tengah kotanya kan nggak ada lahannya, maka harus dicari tadi. Di atas atau sekitar stasiun yang kita sebut transit-oriented development," lanjutnya.

Lebih jauh, Ridwan Kamil mengaku juga mendapat wejangan langsung dari Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla untuk membereskan kawasan kumuh di Jakarta.

Dia mengakui pembangunan perumahan akan menjadi satu hal yang akan diprioritaskan bila nanti terpilih di Pilkada DKI 2024.

"Tapi, poinnya adalah Insyaallah dicari solusinya dan perbincangan hari ini menemukan persamaannya," kata Ridwan Kamil.

"Bahwa permasalahan utama kekumuhan, permasalahan utama diberi solusi perumahan dengan berbagai inovasinya bisa itu, insyaallah itu menyelesaikan setengah masyarakat," lanjutnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Terima Disoraki di Acara Mbah Priok

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya