Rekayasa Lalu Lintas Saat KTT ASEAN, Polisi Maksimalkan Jalan Arteri

Sejumlah petugas disebar di jalan arteri

Jakarta, IDN Times - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan rekayasa lalu lintas pada pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta mulai 5-7 September 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, polisi akan kembali melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan.

Latif mengatakan, sore ini mulai pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB akan diprioritaskan kepada delegasi dan tamu negara KTT ASEAN. Sebanyak tiga jalan protokol yaitu Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Rasuna Said, akan diprioritaskan untuk tamu negara.

Oleh karena itu, Polda Metro Jaya akan memaksimalkan jalan-jalan alteri untuk digunakan masyarakat yang hendak pulang kerja.

"Kami sampaikan ini prioritas utama tamu negara dan delegasi dalam kegiatan KTT ASEAN. Karena kita di sini punya tiga sektor, yaitu sektor HI, Kuningan, sektor senayan. Sehingga tiga ruas jalan ini adalah jalan utama prioritas dari pada delegasi,” kata Latif Usman saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu (6/9/2023).

“Sehingga tiga ruas jalan ini adalah jalan utama prioritas dari pada delegasi,” kata dia.

Baca Juga: Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi Serukan Persatuan ASEAN

1. Tamu negara akan melakukan gala dinner di Plataran Senayan

Rekayasa Lalu Lintas Saat KTT ASEAN, Polisi Maksimalkan Jalan ArteriPresiden Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN , di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Latif mengatakan, para delegasi dan tamu negara yang hadir dalam acara KTT ASEAN akan melakukan gala dinner di Plataran Senayan malam ini.

“Kenapa saya agak panjang dari jam 4 sampai jam 10, ingat kegiatan nanti dari JCC ini dari sekitar jam 4 sampai jam 5 sore. Setelah itu, para delegasi ini akan kembali ke venue, dari venue jam 7 (malam) sudah bergerak lagi dari akomodasi kembali ke kegiatan gala dinner di Plataran,” kata dia.

Baca Juga: Pesawat Delagasi KTT ASEAN dari Kanada Parkir di BIJB Kertajati

2. Polda Metro maksimalkan jalan-jalan arteri

Rekayasa Lalu Lintas Saat KTT ASEAN, Polisi Maksimalkan Jalan ArteriSituasi lalu lintas di Tahun Baru Imlek 2020 (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Dengan adanya rekaya lalu lintas ini, polisi akan memaksimalkan jalan-jalan arteri untuk masyarakat. Pihaknya akan melakukan penjagaan.

Menurutnya, anggota Ditlantas Polda Metro Jaya akan disebar untuk melakukan pengaturan di jalan-jalan arteri.

“Iya kita akan maksimalkan betul, penjagaan-penjagaan, pengaturan-pengaturan arteri itu kita sebar luas betul anggota,” kata dia.

Baca Juga: Ada Gala Dinner KTT ASEAN, Masyarakat Diminta Hindari Senayan

3. Begini rekaya lalu lintas pada saat KTT ASEAN

Rekayasa Lalu Lintas Saat KTT ASEAN, Polisi Maksimalkan Jalan ArteriIDN Times/Rochmanudin

Dalam rangka KTT ke-43 ASEAN akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Berikut kawasan yang steril:

  1. Sepanjang Jalan MH. Thamrin sampao Jalan Jenderal Sudirman tepatnya dari Bundaran Patung Kuda sampai dengan Bundaran Senayan.
  2. Sepanjang Jalan HR. Rasuna Said, dari Traffic Light COKRO sampai dengan Traffic Light Kuningan.
  3. Sepanjang Jalan Iman Bonjol sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia.

“Agar warga masyarakat menggunakan rute alternatif, terima kasih,” demikian keterangan NTMCLantasPolri.

Kendati demikian, Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif yang dapat dilalui oleh warga selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN. Berikut rute alternatif yang dapat dilalui warga:

  1. Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-Berputar di U-turn dean Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.
  2. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin- Jalan K.H.Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.
  3. Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pd. Indah-Berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S.Parman-dan seterusnya.
  4. Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S.Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan- Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung- Jalan Dr. Saharjo- Jalan Prof Dr. Soepomo- Jalan MT. Haryono-dan seterusnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya