Reaksi Dasco Dicari Demonstran Tolak RUU Pilkada: Saya Gak Tahu

Demo tolak RUU Pilkada berlangsung ricuh

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sempat akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada pada rapat paripurna Kamis (22/8/2024) pagi. Mahasiswa, aktivis pro demokrasi, hingga selebritas pun menggeruduk gedung DPR RI menolak RUU Pilkada. Massa ingin bertemu Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Namun, Dasco mengaku tak tahu, tengah dicari-cari demonstran. Dia mengklaim akan menemui demonstran kalau tahu sedang dicari mereka.

"Saya gak tahu kalau dicari-cari. Kalau tadi dicari, saya pasti akan menemui untuk menjelaskan," kata Dasco di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Namun, Dasco mengatakan, beberapa anggota DPR RI sudah menemui massa aksi, untuk menjelaskan RUU Pilkada tidak disahkan hari ini.

"Tapi tadi kan kawan-kawan sudah menemui, mewakili, menyatakan tidak ada revisi UU Pilkada," ujar dia.

Diketahui, massa aksi yang berasal dari elemen mahasiswa terus berupaya mendesak bertemu Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Mereka mendobrak Gerbang Pintu Pancasila Gedung DPR RI di Jalan Gelora. Mahasiswa akhirnya berhasil merobohkan pagar setinggi dua meter itu lebih itu.

Hingga pukul 18.30 WIB, aksi semakin memanas di pintu depan hingga polisi menembakkan gas air mata ke arah demonstran. Polisi juga menembakkan water cannon ke arah massa, untuk menghalau mereka.

Sedangkan di pintu samping, massa juga terus berusaha negosiasi dengan anggota DPR dari Fraksi PDIP di antaranya Masinton, Putra Nababan dan Arteria Dahlan.

Baca Juga: Sufmi Dasco: RUU Pilkada Batal Disahkan Hari Ini, Putusan MK Berlaku

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya