Profil Suswono yang Diisukan Jadi Cawagub RK di Pilkada DKI Jakarta

Eks Mentan Era SBY

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS, Suswono diisukan akan mendampingi Ridwan Kamil dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto telah memberi kode bahwa pendamping Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta 2024 berinisial S.

Airlangga juga memastikan bahwa sosok inisial S tersebut bukan merupakan Shohibul Iman atau Ahmad Syaikhu. 

"Sudah ada, sementara inisialnya S," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (9/8/2024) kemarin. 

Nama Suswono mencuat sebagai sosok yang akan mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta. Kendati, sejumlah politikus PKS belum mau mengonfirmasi terkait kebenaran isu tersebut.

Berikut profil lengkap Suswono yang diisukan akan menjadi pendamping Ridwan Kamil di Pilkada DKI 2024:

Baca Juga: Top 5: Cawagub Ridwan Kamil Inisial S hingga Fakta Baru Haniyeh

1. Pendidikan Suswono, meraih gelar doktoral di IPB

Profil Suswono yang Diisukan Jadi Cawagub RK di Pilkada DKI JakartaInstitut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Pria kelahiran Tegal, 20 April 1959 ini mengenyam pendidikan dasarnya di SDN Negeri Kalisapu, Tegal, Jawa Tengah. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 1 Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Suswono juga lulus dari SMAN 1 Slawi Tegal.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, Suswono melanjutkan studi S1 di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mengambil jurusan Sosial Ekonomi Peternakan. Kemudian, setelah lulus dari S1, Suswono mengambil program Magister di IPB dengan jurusan Manajemen Agribisnis. Melengkapi pendidikannya, Suswono berhasil meraih gelar doktor di Manajemen Bisnis IPB.

Selesai mengenyam pendidikan di IPB, Suswono kemudian mengabdikan diri untuk menjadi dosen di salah satu kampus pertanian terbaik di Indonesia tersebut. Ia juga mengajar sebagai seorang dosen di Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bogor.

2. Suswono merupakan kader HMI

Profil Suswono yang Diisukan Jadi Cawagub RK di Pilkada DKI JakartaLogo Himpunan Mahasiswa Indonesia. (Dok. HMI)

Suswono pernah menjadi Ketua HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Cabang Bogor. Selama masih dalam studinya, Suswono juga menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. 

Tak hanya itu, Suswono juga merupakan Pengurus PPelajar Islam Indonesia Daerah Tegal dan Ketua PII Komisariat Slawi.

Baca Juga: Sekjen PDIP Bocorkan Kader Perempuan yang Diajukan di Pilkada Jabar

3. Suswono gabung di kabinet SBY Jilid II

Profil Suswono yang Diisukan Jadi Cawagub RK di Pilkada DKI JakartaKetua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo ketika menemui Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas. (www.instagram.com/@bambang.soesatyo)

Dalam bidang pemerintahan, Suswono pernah menjadi Tenaga Ahli Menteri Kehutanan pada 1999-2001. Ia juga terpilih sebagai Anggota DPR RI Periode 2004-2009. 

Suswono dipercaya oleh fraksinya, sebagai Ketua Komisi IV DPR RI 2005-2009. Ia juga pernah menjadi Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Bersatu II 2009-2014. Setelah berhenti dari Menteri Pertanian dan gagal menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2014, Suswono dicalonkan menjadi Bupati Brebes pada Pilkada Serentak 2017.

Kendati demikian, Suswono gagal, setelah kalah bersaing dengan pasangan Idza Priyanti dan Narjo pada Pilbup Brebes 2017. 

Baca Juga: Maju Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil Janji Akan Cintai Persija

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya