Profil Livenia Evelyn Kurniawan, Pembawa Baki Upacara HUT RI di IKN

Merah putih berkibar di IKN

Intinya Sih...

  • Livenia Evelyn Kurniawan menjadi pembawa baki di IKN untuk HUT ke-79 Kemerdekaan RI.
  • Livenia terpilih dari 76 personel Paskibraka Nasional 2024 dan berhasil menorehkan sejarah baru bagi perjalanan bangsa.
  • Prosesi peringatan HUT ke-79 RI digelar di IKN, dengan Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara.

Jakarta, IDN Times - Siswi asal Kota Samarinda, Kalimantan Timur bernama Livenia Evelyn Kurniawan didapuk menjadi pembawa baki dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Siswi asal SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi itu berhasil menuntaskan tugasnya dalam pengibaran bendera merah putih di IKN. Ia ikut serta dalam menorehkan sejarah baru bagi perjalanan bangsa ini. Bendera merah putih pun sukses berkibar di IKN. 

Humas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Marbawi mengungkapkan, Livenia Evelyn baru mengetahui dirinya didapuk sebagai pembawa baki beberapa jam sebelum pengibaran bendera merah putih dimulai di IKN.

"Pengumuman Livenia Evelyn Kurniawan sebagai pembawa bendera diumumkan pagi ini pukul 07.00 WITA," kata dia melansir ANTARA, Sabtu (17/8/2024).

Berikut profil Livenia Evelyn Kurniawan dilansir dari berbagai sumber:

1. Terpilih dari 76 Anggota Paskibraka

Profil Livenia Evelyn Kurniawan, Pembawa Baki Upacara HUT RI di IKNUpacara perayaan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Livenia merupakan siswi SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kalimantan Timur. Ia adalah putri dari pasangan Eddy Kurniawan dan Luana Kalma.

Ia pun terpilih dari 76 personel Paskibraka Nasional 2024 yang hari ini bertugas mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih. Ia merupakan kelahiran Samarinda, Kalimantan Timur 22 Juli 2008.

Setelah terpilih sebagai salah satu Anggota Paskibraka, Livenia merasa bangga bisa mewakili provinsi kelahirannya sebagai Paskibraka. Ia tak henti mengucapkan rasa terimakasih kepada orang tuanya yang telah memberikan dukungan.

"Mau ngucapin makasih buat mama karena udah dan dukung banget aku. Mama udah ngebantu aku, papa sudah support aku," kata dia melansir laman Setkab.go.id.

Baca Juga: Pratikno Minta Tradisi Berhijab Paskibraka Tak Dipermasalahkan

2. Paskibraka dipilih melalui seleksi ketat

Profil Livenia Evelyn Kurniawan, Pembawa Baki Upacara HUT RI di IKNUpacara perayaan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Diketahui, sebanyak 76 siswa dari 38 provinsi di Indonesia bergabung dalam Paskibraka untuk HUT ke-79 RI di IKN. 

Anggota Paskibraka terpilih melalui seleksi yang cukup ketat. Mereka harus menjalani beberapa seleksi, seperti pemeriksaan kesehatan, tes pengetahuan Pancasila, wawasan kebangsaan, intelegensi umum, kesamaptaan, hingga psikotes.

Adapun, ke 76 Paskibraka itu telah dikukuhkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Jumat (9/8/2024) lalu di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Purna Paskibraka Bawa Bendera dan Teks Proklamasi ke Mimbar Kehormatan

3. HUT ke-79 RI digelar hybrid

Profil Livenia Evelyn Kurniawan, Pembawa Baki Upacara HUT RI di IKNUpacara perayaan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN. Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya