Polri Bentuk Satgas Preventif Amankan KTT ke-43 ASEAN

Bertugas menjaga tamu negara dan delegasi

Jakarta, IDN Times - Polri menggelar Operasi Tribrata Jaya 2023 dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta, 5-7 September 2023. Dalam pengamanan ini, Polri membentuk beberapa satgas, salah satunya Satgas Preventif.

Kasatgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2023, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan, Satgas Preventif bertugas melakukan pengamanan dalam rangka pencegahan terhadap ancaman dan gangguan keamanan, baik sebelum, sesaat maupun setelah kegiatan KTT ASEAN.

"Satgas Preventif terdiri dari beberapa Subsatgas. Salah satunya Subsatgas pengamanan Bandara. Subsatgas ini mempunyai tugas mengamankan kedatangan delegasi atau tamu negara ke Indonesia," kata Ramadhan dalam keterangan resmi, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: KTT ke-43 ASEAN Dimulai, Jokowi Sambut Para Pemimpin Negara

1. Polri bentuk subsatgas pengamanan hotel hingga venue acara

Polri Bentuk Satgas Preventif Amankan KTT ke-43 ASEANPolri Bentuk Satgas Preventif Amankan KTT ASEAN. (dok. Humas Polri)

Selain itu, ada juga Subsatgas pengamanan akomodasi atau hotel yang mengamankan para delegasi dan tamu negara menginap. Satgas ini berkoordinasi dengan Paspampres yang berjaga di wilayah ring 1.

Kemudian, ada Subsatgas Pengamanan objek yang ditempatkan di beberapa tempat yang akan didatangi delegasi dan tamu negara, termasuk di JCC.

Selanjutnya, ada Subsatgas Sterilisasi yang melakukan pengamanan barang-barang yang dibawa delegasi dan tamu negara. Subsatgas ini bertugas melakukan sterilisasi dan memastikan tempat-tempat yang akan didatangi delegasi dan tamu negara steril. Hal itu dilakukan dengan menggunakan alat-alat yang ada, termasuk K9 atau anjing pelacak.

"Jadi Subsatgas ini bekerja sama dengan Paspampres karena ada di ring 1," katanya.

Baca Juga: Buka KTT ASEAN, Jokowi: Jangan Jadikan ASEAN Arena Rivalitas

2. Polri juga bentuk Subsatgas Kawasan cegah ancaman kamtibmas

Polri Bentuk Satgas Preventif Amankan KTT ke-43 ASEANPolri Bentuk Satgas Preventif Amankan KTT ASEAN. (dok. Humas Polri)

Selanjutnya, ada Subsatgas Kawasan yang terdiri dari polres-polres tempat penyelenggaraan KTT ASEAN dan venue yang akan dihadiri para delegasi dan tamu negara.

Subsatgas ini bertugas mengantisipasi ancaman dan gangguan kamtibmas termasuk kegiatan unjuk rasa atau masyarakat lainnya. Ada juga Subsatgas Pengamanan Wilayah.

Selain di DKI Jakarta, ada 2 wilayah lainnya dalam Subsatgas ini yaitu Polda Banten dan Polda Jawa Barat.

"Semua Subsatgas yang tergabung dalam Satgas Preventif ini melakukan secara terpadu melakukan pencegahan mulai dari mengatur, menjaga, melakukan pengawalan termasuk patroli-patroli baik patroli jalan kaki, pakai kendaraan dan patroli gabungan tiga pilar," katanya.

Baca Juga: Polri Pastikan Keamanan Delegasi KTT ASEAN, 6.182 Personel Dikerahkan

3. Sebanyak 3.784 personel tergabung ke dalam Satgas Preventif

Polri Bentuk Satgas Preventif Amankan KTT ke-43 ASEANKursi Myanmar kosong di KTT ASEAN Labuan Bajo. (dok. Youtube Setpres RI)

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan, Satgas Preventif ini terdiri dari 3.784 personel gabungan baik dari Mabes Polri, polda maupun sejumlah polres. Semua personel ditugaskan mengamankan para delegasi dan tamu negara mulai dari kedatangan hingga kepulangan nanti.

Satgas Preventif ini kata Ramadhan juga akan berkoordinasi dengan stakeholders lain seperti Paspampres, TNI, pemda dan kementerian/instansi lainnya.

Ia juga tak lupa meminta peran serta masyarakat guna mendukung pelaksanaan KTT ASEAN agar berjalan aman dan nyaman.

"Satgas Preventif terus berkolaborasi juga dengan stakeholders lainnya dan masyarakat agar semua berjalan dengan lancar kegiatan dan membawa nama baik bangsa negara. Masyarakat diharapkan ikut berperan serta menjaga situasi selama KTT ASEAN ini sehingga memberikan kesan negara ini betul aman, damai, dan nyaman," ucapnya.

Baca Juga: KTT ASEAN 2023 Hasilkan 93 Proyek Senilai Rp579 Triliun

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya